Sate Bandeng , Salah Satu Kuliner di Daerah Banten - Foto by Google Sate Bandeng , Salah Satu Kuliner di Daerah Banten - Foto by Google

Wisata Kuliner, 7 Makanan Khas Banten Yang Wajib Dicoba

Posted by  | July 19 2016

HaloSelebriti.NET-Jakarta- Berwisata ke Banten rasanya belum lengkap jika belum mencicipi hidangan khas wilayah paling barat Pulau Jawa itu. Ada sejumlah olahan khas masyarakat di sana yang bisa membuat lidah bergoyang. Nikmatnya hidangan Banten bisa membuat nuansa berlibur jadi makin menarik dan mengasyikkan. Berikut beberapa makanan khas yang bisa ditemukan di Banten.

Sate Bandeng


Menurut cerita, masakan ini adalah ide Sultan Banten pada abad ke-16 yang ingin mempersembahkan hidangan bandeng tanpa duri kepada tamunya. Selain bisa mengkonsumsi ikan tanpa duri, Anda akan terpesona dengan sajian ikan tanpa rasa dan bau anyir yang bisa tergantikan oleh bumbu rempah-rempahnya.

Rabeg Banten


Makanan khas Banten yang wajib dicoba adalah Rabeg. Hidangan ini terdiri atas daging dan jeroang kambing yang diolah dengan rasa gurih, manis, dan segar. Yang menjadi menarik adalah pilihan rempah yang digunakan untuk mengolahnya – antara lain – serai, daun jeruk, rempah pala, cengkih, dan kayu manis.

Menurut cerita, rabeg adalah hidangan hidangan bagi Sultan Banten yang pada zaman dulu tidak bisa dinikmati oleh masyarakat di luar istana. Makanan ini juga biasa disajikan jika ada acara khusus seperti acara khitanan, pernikahan, dan acara istimewa lainnya.

Nasi Sumsum



Nasi yang dicampur dengan sumsum tulang kerbau ini juga merupakan salah satu kuliner khas Banten yang wajib dicoba. Nasi sumsum dimasak dengan cara dibakar sampai akhirnya aroma yang dikeluarkan berbau wangi. Pengelolahan nasi sumsum dibuat dengan cara tradisional, yakni dengan bumbu yang masih ditumbuk dengan dihiasi mentimun dan tomat. Hidangan ini terbilang langka sehingga Anda harus agak bersusah payah mencari beberapa tempat makan dengan menu nasi sumsum.

Ketan Bintul



Ini makanan khas Banten lain yang terbuat dari bahan dasar ketan dengan dibungkus daun pisang dan disajikan bersama dengan serundeng kelapa. Nasi ketan ini diolah dengan cara dikukus, kemudian dimasukkan ke dalam wadah sebelum akhirnya dicampur dengan serundeng. Ketan bintul biasanya dihidangkan dengan ditemani teh atau kopi. Berdasarkan cerita, ketan bintul ini merupakan makanan khas yang biasa disajikan pada bulan Ramadan.

Nasi Uduk Serang


Nasi uduk Serang merupakan makanan yang sampai saat ini masih bisa ditemui dengan mudah di Kota Serang. Biasanya, makanan ini dikonsumsi di pagi hari sebelum orang-orang atau masyarakat Kota Serang berangkat kerja atau sekolah. Menu nasi uduk ini dihidangkan bersama tempe goring, sayur tempe, telur pedas, dan bakwan.

Pecak Bandeng



Lagi-lagi, bandeng menjadi pilihan yang sangat disukai oleh masyarakat Banten. Pecak Bandeng ini dibuat dengan cara dibakar. Setelah dibakar, bandeng langsung dicampur dengan sambal.

Nasi Belut



Selain bandeng, belut juga merupakan salah satu menu makanan favorit masyarakat Banten. Nasi belut disajikan dengan cara memotong belut kecil-kecil yang disajikan dengan campuran bumbu rempah-rempah. Sebelumnya terlebih dahulu belut diambil jeroannya kemudian dikeprek sehingga tulangnya menjadi lebih empuk. Setelah itu, belut diberi bumbu dan kemudian digoreng.

(Dikutip : Tabloid C&R edisi 934)

 

Term Of Service           |           Privacy Policy          |           Corporate Site           |           Advertise With Us

 

Copyright @2018 - HaloSelebriti. All Right Reserved