Evy Sofia Evy Sofia

Evy Sofia, Sedekah dengan Menulis

Posted by  Ahmad Taufik | January 24 2018

HALOSELEBRITINET - Tak banyak penulis buku pemula mampu memikat calon pembeli. Namun tidak demikian dengan Evy Sofia. Sejak ditulis November 2017, buku pertamanya berjudul ‘Murid Pintar, kok Prestasinya Rendah?’ sudah mulai di pesan calon pembeli. Rupanya buku setebal 150 halaman ini menarik minat banyak orang.

“Padahal belum jadi tapi sudah 300 pre-order sejak awal Desember 2017,” ucap perempuan kelahiran 7 Desember 1976 ini. Bahkan ada pula undangan untuk menjadi pembicara terkait tema underachiever yang dikupas di buku ini.

Buku ini ia kemas dari studi kasus tesisnya saat kuliah di Magister Sains Psikologi UMS Surakarta, Jawa Tengah. Ia tak ingin tesisnya sekadar tersimpan dan teronggok berdebu di perpustakaan kampus. “Sedikit manfaat kalau sekadar tumpukan tesis. Kalau dijadikan buku banyak manfaat. Ilmunya bisa menjangkau masyarakat. Saya bikin dengan bahasa sederhana agar mudah dipahami orang tua dan guru,” jelasnya.

Selain buku pertama, buku kedua bertajuk, ‘Antologi Cerpen Perempuan Berkarya’, juga tahap proses terbit. Sementara, ‘Pupus’, buku ketiganya, masih proses penyelesaian naskah. “Alhamdulillah, walau naskah belum jadi tapi sudah ada beberapa teman memesan,” imbuh lulusan Psikologi UGM tahun 2000 ini.

Lain hal dengan buku pertama sarat dengan pemikiran logis di bidang psikologi pendidikan, buku kedua dan ketiga, justru ia kemas ringan, gaya bahasa populer, dengan tema cinta. Hingga kini, potongan-potongan cerita di novel ‘Pupus’ sudah ia posting berkala 40 episode di grup Facebook Kagama (Keluarga Alumni Gadjah Mada).

Tujuannya, untuk mengetahui animo pembaca, apakah menunjukkan minat atau biasa saja. Diketahui, sebelum menulis novel, ia lebih banyak menulis gagasan atau esai di beberapa surat kabar di Yogyakarta dan Solo. Tulisannya beragam. Mulai dari tema anak muda, kasus pedofilia, fenomena bunuh diri pria, hingga fobia.

“Menantang, butuh daya tahan luar biasa, dan kemampuan mengatasi jenuh karena cerita panjang,” ucapnya.

Kegemaran menulis mulai dilakoni saat usia remaja. Sejak duduk di SMP Negeri 1 Solo, ia gemar menulis cerpen. Di sekolah juga rajin menulis untuk majalah sekolah Gema. Duduk di bangku SMA, ia mengembangkan dan mengirim tulisannya ke majalah Anita Cemerlang dan Aneka Yess! Sayangnya, tulisannya belum pernah dimuat di majalah itu.

Menulis membuatnya tenang dan nyaman. Selain sedekah yang menyehatkan. “Segala sesuatu yang bermanfaat bisa digunakan jangka panjang dan amal jariah. Ilmu, seperti sumur. Kalau enggak diambil air-nya, akan keruh. Makin dibagikan, makin memperkaya orang yang punya ilmu,” ucapnya.

Hobinya menulis pun terbawa hingga ke tempatnya mengajar sebagai guru bimbingan dan konseling di sekolah swasta di Solo. Ia biasa tiba di sekolah pukul 06.00 lalu memanfaatkan waktu menunggu jam masuk sekolah untuk membaca materi lewat internet, media massa, dan buku, guna memperkaya tulisannya.

 

Redaksi  | Pedoman Media Cyber  | Kontak Pos  | Info Iklan 

Copyright @2018 - HaloSelebriti. All Right Reserved