Indonesia Akan Alami Fenomena Hari Tanpa Bayangan

Posted by  Halo Selebriti Net | March 20 2018

Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan bahwa Indonesia akan mengalami hari tanpa bayangan dengan titik pusat di Khatulistiwa, Pontianak, pada hari Rabu, 21 Maret 2018 di pagi hari. Namun dampak Hari Tanpa Bayangan tidak hanya terjadi di Pontianak.

Hari Tanpa Bayangan adalah saat ketika Matahari akan berada tepat di atas khatulistiwa. Pada siang hari, Matahari hampir tepat di atas kepala (titik zenit).

Menurut pernyataan tertulis yang diterima NNC dari LAPAN, Kamis (15/3), saat Hari Tanpa Bayangan terjadi, monumen atau objek yang berdiri tegak di khatulistiwa nampaknya hampir tidak memiliki bayangan.

Namun ada beberapa ketentuan, di antaranya, naungan pohon akan tetap memiliki bayangan. Sebelum dan sesudah tengah hari, monumen juga akan memiliki bayangan lagi.

Kota lain yang akan mengalami Hari Tanpa Bayangan selain Pontianak adalah Bonjol, Bontang, Riau, Parigi Moutong, Kepulauan Kayoa, Amberi dan Gebe akan mengalami Hari Tanpa Bayangan pada hari yang sama.

Kota-kota lain di Indonesia juga dapat mengalami Hari Tanpa Bayangan, yaitu, ketika matahari transit atau memuncak atau berada di atas kota-kota tersebut. Di antara kota-kota Denpasar yaitu pada tanggal 26 Februari dan 16 Oktober, Jakarta pada tanggal 5 Maret dan 9 Oktober, Belitung pada tanggal 13 dan 1 Oktober, Sabang pada tanggal 5 April dan 8 September.

Hari tanpa bayangan akan terjadi lagi di Pontianak pada 23 September 2018.

 

Sumber: en.netralnews.com

 

Redaksi  | Pedoman Media Cyber  | Kontak Pos  | Info Iklan 

Copyright @2018 - HaloSelebriti. All Right Reserved