Dian Sastrowardoyo dalam konferensi pers peluncuran film Kartini di Plaza Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu (5/4/2017). - Rahmadina Dian Sastrowardoyo dalam konferensi pers peluncuran film Kartini di Plaza Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu (5/4/2017). - Rahmadina

Dian Sastrowardoyo Panik Saat Dapatkan Peran Kartini

Published in Fashion Written by  April 06 2017 font size decrease font size increase font size
Rate this item
(0 votes)

HaloSelebriti.NET-Jakarta- Menjadi sosok pujaan wanita di Indonesia seperti Raden Adjeng Kartini seperti merupakan sosok yang diimpikan oleh setiap wanita. Itu lantaran perannya dalam memperjuangkan hak-hak wanita di tanah Jawa. Salah satu penggemar tokoh emansipasi tersebut adalah Dian Sastrowardoyo.

Dian didapuk sebagai pemeran RA Kartini dalam film Kartini yang di sutradarai Hanung Bramantyo. Tidak mudah baginya untuk masuk ke dalam karakter Kartini. Dian mengaku, harus banyak membaca literasi untuk bisa memasukkan jiwa Kartini dalam dirinya.


"Ini film biopik pertama saya dan kesempatan ini tak mungkin muncul dalam 20 atau 30 tahun jadi saya harus mempersiapkan sungguh-sungguh lahir dan batin untuk menjadi Kartini," kata Dian Sastrowardoyo dalam konferensi pers peluncuran film Kartini di Plaza Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu (5/4/2017).

Meski sukses memainkan berbagai karakter dalam film-film besar seperti Pasir Berbisik atau AADC, Dian sempat mengaku khawatir untuk melakoni Kartini. Bahkan, dia mengaku, sempat panik untuk mendapatkan karakter Kartini, meski akhirnya bisa teratasi. 

"Aku penggemar berat Kartini dan memang ini tugas yang sangat besar buat siapapun. Tapi kalau aku panik, itu tidak akan menjadi hal yang produktif," ujarnya.

Pemeran Cinta dalam film AADC itu mengatakan, Kartini menjadi sosok penting dalam hidupnya. Bukan hanya sebagai inspirasi, tapi juga adanya kesamaan cita-cita yakni bersekolah ke luar negeri. Perjuangan Kartini dia anggap penting dalam perkembangan dunia kewanitaan.


"Karena kebayang yang Kartini lawan adalah bagian dalam dirinya sendiri, kekangan tradisi yang masuk dalam ruang-ruang paling domestik dalam hidupnya," katanya.

Beban tersebut juga muncul lantaran ada kesamaan cita-cita antara dirinya dan pejuang emansipasi wanita itu, salah satunya adalah bersekolah ke luar negeri. Untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, Dian mengaku mempersiapkan diri secara serius dengan membaca semua referensi pustaka terkait Kartini. Pemahaman referensi tersebut, diakuinya sudah dimulai sejak kasting film Kartini.

"Saya bertekad membaca tulisan-tulisan Kartini yang sudah diterbitkan dan membaca semua referensi pustaka yang bisa saya dapatkan. Dan semakin saya membaca tentang Kartini, berdiskusi dengab orang-orang terkait dirinya, semakin saya kagum kepada beliau," tutup Dian.

Tak hanya Dian Sastrowardoyo, film Kartini juga dibintangi Acha Septriasa, Ayushita, Christine Hakim, Deddy Soetomo, Djenar Maesa Ayu, Nova Eliza, Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Denny Sumargo, dan lainnya. Film yang mengangkat kisah perjuangan terkait emansipasi wanita itu akan ditayangkan pada 19 April mendatang oleh Legacy Pictures bekerja sama dengan Screenplay Films.

Read 284 times

Tentang Kami

Salam Halo Selebriti, jangan lupa selalu stay di depan TV nonton HALO Selebriti di SCTV setiap hari Senin s/d Kamis pukul 09.00-10.00 wib.

Follow : @haloselebs

- Disklaimer -

Halo Selebriti on Twitter