Wednesday, August 23, 2017

Gangguan Gigi dan Rongga Mulut Ternyata Dapat Memicu Penyakit Stroke dan Jantung

Published in Fashion Written by  March 29 2016 font size decrease font size increase font size
Rate this item
(1 Vote)

HaloSelebriti.NET-Jakarta- Penyakit gigi dan mulut menjadi penyakit tertinggi ke-6 yang dikeluhkan masyarakat Indonesia dan penyakit dengan peringkat ke-4 penyakit termahal dalam perawatannya. Penyakit gigi & mulut yang banyak diderita adalah penyakit jaringan penyangga gigi (radang gusi) dan karies (gigi berlubang) serta halitosis (bau mulut) yang semuanya berkaitan erat dengan perilaku membersihkan gigi dan mulut keseharian.

“Telah terjadi pergeseran tren pola penyakit yang perlu menjadi perhatian kita semua. Jika pada tahun 1990, penyakit infeksi atau menular yang mendominasi, maka pada tahun 2000-an telah bergeser pada penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, kanker dan diabetes. Yang menarik adalah penyakit gigi dan penyakit tidak menular mempunyai faktor resiko yang sama, yang disebabkan gula berlebihan, rokok dan gaya hidup modern. Selain itu, penyakit-penyakit gigi dan mulut dapat menjadi sumber infeksi (fokus infeksi) dan menyebar ke organ tubuh vital lain. Sebagai contoh: penyakit gusi dapat meningkatkan resiko stroke pada lebih dari 50% penderita usia 25-54 tahun, resiko fatal dari penyakit jantung adalah 2 kali lebih tinggi pada penderita gusi parah,” kata drg. Farichah Hanum, Mkes, selaku Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Jakarta, Rabu (23/03/2016).

Menurut data dari Direktorat Bina Upaya Kesehatan Dasar, Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI 2013 prevalensi nasional masalah gigi dan mulut adalah 25.9%, prevalensi pengalaman karies adalah 72.3%, prevalensi nasional karies aktif adalah 53,2%. Dengan demikian masih diperlukan berbagai upaya untuk memperbaiki tingkat kesehatan gigi dan mulut masyarakat.

“Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulut secara lengkap mulai dari brushing, rinsing hingga flossing. Sampai saat ini masyarakat Indonesia masih terhenti hingga brushing atau menyikat gigi saja, padahal rinsing atau berkumur dengan mouthwash itu sangat penting karena perlu diingat bahwa gigi hanyalah merupakan 25% dari rongga mulut. Sikat gigi tidak dapat menjangkau seluruh area rongga mulut, terutama area rentan pembentukan plak seperti selasela gigi dan gusi. Jadi, walaupun sudah menyikat gigi dengan sangat baik, kita tidak akan bisa membersihkan semua kuman di dalam mulut. Di situlah mouthwash menjadi solusi,” lanjut drg. Farichah Hanum, MKes.

Read 984 times

Tentang Kami

Salam Halo Selebriti, jangan lupa selalu stay di depan TV nonton HALO Selebriti di SCTV setiap hari Senin s/d Kamis pukul 09.00-10.00 wib.

Follow : @haloselebs

- Disklaimer -

Halo Selebriti on Twitter