Main Film Kartini, Djenar Maesa Ayu Rasakan Karakter Yang Berbeda Main Film Kartini, Djenar Maesa Ayu Rasakan Karakter Yang Berbeda

Main Film Kartini, Djenar Maesa Ayu Rasakan Karakter Yang Berbeda

Published in Fashion Written by  March 24 2017 font size decrease font size increase font size
Rate this item
(0 votes)

HaloSelebriti.NET-Jakarta- Meskipun sudah sering berakting di depan layar dan menyutradarai beberapa film, nyatanya Djenar Maesa Ayu masih merasa kesulitan memerankan tokoh R.A. Moeryam, istri Raden Mas Aryo Sosroningrat, dan ibu tiri dari Kartini, dalam film Kartini.

“Ketika ditawari bermain film, saya sebetulnya tidak suka berada di depan layar. Apalagi beberapa tahun terakhir memang saya lebih berkonsentrasi untuk membuat film. Tetapi saya percaya bahwa esensi hidup itu yang utama adalah belajar. Jadi, setiap tawaran buat saya adalah peluang untuk belajar. Saya belajar dari film ini. Jadi, tentu saya sangat ingin dan menerima dengan baik pinangan Mas Hanung untuk bermain di film sebesar film Kartini ini,” ungkap Djenar Maesa Ayu, dalam press realese yang diterima HaloSelebriti.NET, Jakarta, Jum’at (24/3/2017) siang.

Dalam film Kartini, Djenar Maesa Ayu memerankan peran sebagai istri kedua seorang pejabat pemerintah. Perannya tersebut merupakan peran yang tak terlupakan bagi Djenar.

“Karakater Moeryam adalah seorang perempuan yang tegas, kuat, dan sangat membela kehormatan perempuan. Tetapi, pada jaman itu satu-satunya jalan yang ia ketahui bagaimana menaikkan martabat perempuan adalah menjadi Raden Ayu yang berarti harus dinikahi oleh laki-laki yang bermartabat, yang mempunyai kedudukan yang baik. Kedengarannya seperti ibu tiri yang tidak mendengarkan keinginan anaknya, tapi sebetulnya ia merasa itu adalah untuk kebaikan perempuan,”

Di sisi lain, Djenar memiliki sudut pandangan berbeda dari karakter yang ia perankan. Menurutnya, dari setiap karya yang dibuatnya selama ini justru ia terapkan didalam kehidupannya sehari-hari.




“Kalau sebagai karakter, bisa dibilang ini bertolak belakang dengan apa yang saya yakini sehari-hari. Kalau di karya-karya saya dan saya aplikasikan di kehidupan sehari-hari, bahwa perempuan dan laki-laki punya kedudukan yang sama. Perempuan tidak harus bergantung pada laki-laki,” lanjutnya.

Diakui Djenar, peran yang ia mainkan itu merupakan karakter yang sulit untuknya. Menurut Djenar, karakter tersebut sangat berbeda dengan karakter asli dirinya. Namun, untuk mendalami perannya, Djenar melakukan pendekatan khusus atas peran yang belum diketahui banyak orang ini.

“Untuk mendalami karakter ini tadinya agak susah, karena beda sekali dengan aslinya saya. Mas Hanung menganjurkan agar saya berlogat Jawa dalam keseharian sampai ke syuting,” paparnya.

Film Kartini menandai pertama kalinya Djenar bekerjasama dengan Hanung. Djenar mengaku ada kesan khusus bekerja dengan Hanung.

“Bekerja dengan Mas Hanung menyenangkan sekaligus membingungkan karena saya bukan pemain. Mas Hanung orangnya sangat impulsif. Tiba-tiba ia bisa bertukar keinginan. Tiba-tiba ia ingin sesuatu dan itu dilakukan. Saya yang bukan pemain bingung kalau dikasih dialog baru, padahal menghapal dialognya sudah lama banget,” pungkasnya.

Bagaimana penampilan Djenar Maesa Ayu dalam film Kartini? Akankah Hanung Bramantyo berhasil membuat Djenar Maesa Ayu benar-benar menjadi karakter R.A. Moeryam, istri Raden Mas Aryo Sosroningrat? Saksikan akting Djenar Maesa Ayu dalam film Kartini di bioskop-bioskop seluruh Indonesia mulai 19 April 2017, mendatang.

Read 611 times

Tentang Kami

Salam Halo Selebriti, jangan lupa selalu stay di depan TV nonton HALO Selebriti di SCTV setiap hari Senin s/d Kamis pukul 09.00-10.00 wib.

Follow : @haloselebs

- Disklaimer -

Halo Selebriti on Twitter