Nikmatnya Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur Ini - foto by google Nikmatnya Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur Ini - foto by google

Nikmatnya Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur Ini

Published in Food Written by  August 03 2016 font size decrease font size increase font size
Rate this item
(2 votes)

HaloSelebriti.NET-Jakarta- Bicara soal makanan khas daerah memang tak ada habisnya. Beragam kuliner nusantara selalu menjadi juara dihati para pecinta kuliner Indonesia. Salah satu daerah yang terkenal dengan makanan khasnya ialah Nusa Tenggara Timur.

Nusa Tenggara Timur memiliki aneka kebudayaan dari setiap kabupaten atau daerahnya. Dan setiap kebudayaan memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah daerah Manggarai. Warga di daerah ini memiliki makanan khas tradisional yang bercita rasa alami.

Namun, bagi pengunjung muslim tampaknya perlu berhati-hati, karena ada sajian yang berbahan dasar babi seperti se’i daging babi asap. Seyogyanya, pilihlah warung atau restoran Jawa, Madura dan Bugis yang banyak mendominasi di NTT. Berikut hidangan khas NTT yang dijamin halal :

Kolo atau Nasi Bakar


Untuk menghasilkan nasi bakar ini dibutuhkan bahan berupa bumbu muda dengan panjang 30 sentimeter, beras, dan bumbu masakan. Cara memasaknya, beras, air dan bumbu masakan dimasukkan ke dalam bambu. Setelah itu, pada bagian ujung atau mulut bambu ditutup dengan daun pisang, lalu dibakar sampai mayang berkisar setengah jam lamanya.


Jagung Catemak


Jagung Catemak merupakan makanan khas NTT. Ini adalah makanan penutup yang terbuat dari jagung, labu lilin, dan kacang hijau yang dimasak dengan bumbu masak penyedap rasa. Tidak seperti warnanya yang manis seoerti kolak, catemak rasanya asin.


Jagung Bose



Masakan tradisional yang dikenal dengan jagung bose ini menjadi hidangan pokok pengganti nasi. Menurut tradisi warga Timor, jagung bose hanya dibuat dari jagung putih. Sebetulnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara jagung putih atau kuning. Hanya saja, jagung putih biasanya terasa lebih manis.

Sesuai dengan namanya, jagung bose berarti jagung yang di-bose-kan atau dilunakkan. Untuk mengeluarkan kulit luarnya, jagung ditumbuk menggunakan lesung kemudian diayak untuk mengeluarkan sisa kulit jagung yang terkelupas.

Masakan tradisional khas Timor ini tentu tidak disajikan sendirian. Jagung bose biasanya dimakan bersama se’i daging sapi, karmanaci, dan lawar ikan. Lawar ikan dibuat dari teri segar yang direndam dengan cuka selama 10 menit, kemudian dibumbui dengan bawang merah, garam, dan perasan jeruk nipis.


Se’i Daging Sapi Asap


Se’i adalah daging asap sapi yang dibumbui dan diasap agar dapat disimpan lebih lama. Kata se’i berasal dari bahasa Pulau Rote yang berarti daging tipis yang diiris memanjang. Sebelum disajikan, daging se’i dapat diolah kembali sesuai dengan selera.

Daging se’i sepintas mirip daging asap (smoked beef) ala Barat, seperti ham, namun dengan cita rasa yang berbeda. Proses pembuatan se’i terbilang sangat tradisional karena masih menggunakan bara api yang berasal dari arang dan daun kesambi. Kesambi atau kosambi adalah pohon yang bisa tumbuh di daerah kering dan termasuk kerabat dekat rambutan karena tergolong suku Sapindaceae.

Proses pengasapan diawali dengan mengiris daging memanjang dan melumurinya dengan garam kemudian digantung untuk mengeringka kandungan air atau darah di dalam daging selama beberapa jam. Sementara itu, daun kesambi digunakan sebagai penyaring panas dan asap yang berlebihan. Inilah yang membuat aroma dan warna daging tetap terjaga.


Sambal Ikan Teri


Sambal ikan teri adalah makanan khas dari Nusa Tenggara Timur (NTT), yang sudah banyak diadopsi oleh daerah lain. Pembuatannya sangat mudah. Pertama, panaskan minyak lalu masukkan lengkuas dan daun jeruk kemudian masukkan ikan teri tambahkan garam lalu aduk hingga kering. Tidak ada resep paten untuk membuat makanan ini karena bisa dikreasikan dan sesuiakan dengan selera masing-masing.


Ikan Kuah Belimbing


Ikan kuah belimbing bercita rasa pedas dan asam namun segar. Rasa asam diberikan oleh belimbing wuluh yang dicampurkan pada kuah yang sedang dimasak, namun tetap segar.


Tumis Bunga Pepaya


Banyak orang kurang begitu suka dengan tumis bunga papaya dikarenakan rasanya yang pahit. Rasa pahit dari bunga papaya ini bisa dihilangkan dengan cara memberinya garam terlebih dahulu dan aduk hingga rata, setelah diaduk dengan garam, biarkan sejenak. Kemudian cuci bersih dengan menggunakan air yang mengalir hingga bersih.

Cara lainnya adalah dengan merebus bunga papaya tersebut dengan air yang telah diberi garam terlebih dahulu, sehingga getah yang terdapat di dalam bunga papaya akan hilang.

Sayuran rumpu rampe mirip dengan tumis bunga papaya. Sayur ini akan lebih nikmat dengan dicampur cabai merah dan cabai hijau (rawit). Percampuran rasa pahit dari daun papaya serta pedasnya cabai merah dan cabai rawit akan bisa membangkitkan selera makan.

 

Read 2620 times

Tentang Kami

Salam Halo Selebriti, jangan lupa selalu stay di depan TV nonton HALO Selebriti di SCTV setiap hari Senin s/d Kamis pukul 09.00-10.00 wib.

Follow : @haloselebs

- Disklaimer -

Halo Selebriti on Twitter