Pempek merupakan salah satu Kuliner Lampung yang sangat terkenal - foto by google Pempek merupakan salah satu Kuliner Lampung yang sangat terkenal - foto by google

Kuliner Khas Lampung Yang Tak Luput Dari Ikan dan Sambalnya

Published in Food Written by  September 14 2016 font size decrease font size increase font size
Rate this item
(0 votes)

HaloSelebriti.NET-Jakarta- Berkunjung ke Lampung rasanya tak lengkap jika tidak mencicipi makanan atau oleh-oleh khas setempat. Hidangan Lampung ada yang menyerupai makanan khas Sumatera Selatan, karena letaknya memang berdekatan. Masyarakat kedua provinsi itu bahkan memiliki kesamaan dalam citarasa yang sama-sama menyukai sambal dengan asam manis. Berikut beberapa kuliner khas Lampung seperti dikutip jelajahlampung.com:

Pempek

Berbeda dengan pempek Palembang yang memakai ikan belida, pempek Lampung kebanyakan memakai ikan tenggiri. Pempek sendiri merupakan kuliner yang terbuat dari bahan utama berupa ikan, tepung terigu, telur, tepung tapioca/sagu, ditambah bumbu berupa bawang putih, gula dan garam. Pempek dimakan bersamaan dengan cuka yang berasa asam manis. Bagi yang ingin mencicipi pempek Lampung, silakan datang ke PusatPempek di Lampung, di Jalan Mayor Salim Batubara.


Tempoyak

Tempoyak dibuat dari daging durian yang telah matang benar, lalu dipisahkan dari bijinya. Setelah itu ditambahkan sedikit garam, cabai rawit, dan disimpan dalam wadah tertutup rapat pada suhu ruangan. Tempoyak merupakan buah durian yang difermentasikan. Rasanya asam, namun ada manis-manisnya. Tempoyak dapat diolah lagi menjadi sambal yang bisa disantap dengan ikan.


Seruit

Seruit merupakan ikan yang digoreng atau dibakar yang dicampur dengan bumbu-bumbu tertentu. Ikan yang digunakan bukan ikan laut, melainkan ikan sungai seperti baung, layis, belida, dan lainnya. Sebenarnya seruit ini tidak jauh berbeda dengan ikan bakar atau ikan goreng lainnya. Hanaya saja pasa saat makannya, ikan tersebut biasanya disantap dengan sambal, tempoyak, dan lalapan seperti terong bakar, jengkol, daun kemangi, dan daun jambu biji.


Pindang

Pindang di Lampung menggunakan beberapa jenis ikan seperti patin, pindang baung, pindang bandeng, dan pindang ikan mas. Pindang Lampung memiliki rasa khas, asam gurih.


Geguduh

Geguduh pada hakikatnya merupakan pisang goreng. Untuk membuat geguduh, pisang dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan teputng terigu, bisa juga ditambahkan susu dan selai. Geguduh biasanya menggunakan pisang kepok, sangat nikmat disantap dengan secangkir kopi atau teh manis.


Gabing

Ini masakan khas Lampung yang berbahan dasar batang kelapa muda. Batang kelapa muda diiris tipis-tipis, lalu direbus terlebih dahulu dengan dicampur bumbu dan rempah sampai aromanya harum. Gabing bisa dimasak dengan kuah, meskipun ada juga yang memasaknya tanpa kuah. Gabing juga bisa dicampur dengan bahan-bahan lain seperti daging dan jamur.


Gulai Taboh

Gulai taboh dapat diartikan sebagai gulai santan. Sesuai dengan namanya, makanan ini merupakan hidangan dengan kuah santan. Gulai taboh terbuat dari kacang-kacangan dan umbi-umbian seperti kacang merah, kacang panjang, kentang, ubi jalar, dan labu. Selain bahan tersebut, biasanya gulai taboh ditambah juga dengan ikan, udang, atau melinjo.


Sambal Lampung

Sambal Lampung sudah banyak yang dikemas dalam botol dan tinggal bawa. Rasanya yang pedas bisa dimakan dengan apapun. Bisa untuk lauk makan, atau dimakan bersama camilan lainnya.

Read 1915 times

Tentang Kami

Salam Halo Selebriti, jangan lupa selalu stay di depan TV nonton HALO Selebriti di SCTV setiap hari Senin s/d Kamis pukul 09.00-10.00 wib.

Follow : @haloselebs

- Disklaimer -

Halo Selebriti on Twitter