Bulgogi merupakan salah satu makanan khas Korea yang ada di Indonesia - Foto by Google Bulgogi merupakan salah satu makanan khas Korea yang ada di Indonesia - Foto by Google

5 Makanan Khas Korea yang Menjamur di Indonesia

Published in Food Written by  February 10 2017 font size decrease font size increase font size
Rate this item
(1 Vote)

HaloSelebriti.NET-Jakarta- Segala hal yang ‘berbau’ Korea sedang digandrungi di Indonesia. Mulai dari lagu, boyband dan girlband, gaya berpakaian, drama serial hingga makanannya. Karena itu, sekarang mulai banyak restoran Korea, yang berdampingan dengan restoran Jepang. Hal itu juga membuat makanan negeri gingseng itu menjamur di Indonesia terutama di Jakarta. Lalu apa saja jenis masakan Korea yang bisa di jajaki di Jakarta? Berikut HaloSelebriti.NET merangkumnya:

Kimchi



Ini adalah salah satu dari hidangan tradisional Korea. Kimchi adalah salah satu jenis sayuran yang diolah dengan difermentasi (sayuran yang direndam). Yang paling umum, kimchi dibuat dari sayuran sawi putih atau lobak. Kimchi juga bisa dibuat menjadi sup, nasi goreng dan beberapa jenis hidangan lainnya.

Menurut sejarah, awalnya kimchi hanyalah hidangan sayuran hijau seperti asinan, karena waktu itu cabai belum dikenal. Sayuran tersebut kemudian digarami, dimasukkan ke dalam gentong tanah liat dan dipendam dalam tanah. Ini adalah persediaan makanan ketika musim dingin tiba, di mana sayuran akan sulit tumbuh. Kimchi juga salah satu masakan paling sehat di dunia, karena selain kaya vitamin, juga kaya akan serat.


Gimbap



Secara fisik, gimbap mirip dengan bentuk sushi. Kemungkinan pula, makanan ini adalah hasil adaptasi dari sushi. Gimbap, yang juga disebut dengan kimbap aau kombob ini adalah hidangan yang biasa dibawa untuk beraktivitas di luar ruangan, misalnya ketika sedang piknik.

Gimbap sendiri berupa nasi putih yang diisi dan dibalut dengan nori. Sebelumnya, nasi dicampur dengan minyak wijen dan minyak lainnya. Isinya, bisa berupa irisan telur, daging kepiting, daging sapi, ikan atau pun sayuran seperti wortel, timun, lobak atau acar khusus.


Bulgogi



Hidangan ini sudah cukup lama populer di Indonesia, rasanya sangat lezat. Bulgogi disebut-sebut sebagai yakiniku-nya Korea, bedanya, bulgogi memiliki rasa yang lebih manis. Jika ingin mencoba membuatnya sendiri, Anda bisa melihat resepnya di internet, cara membuatnya pun tak sulit, bumbunya juga cukup mudah dicari.


Kkultarae



Ini adalah salah sau jajanan di Korea. Kkultarae adalah gula-gula yang dibentuk hingga seperti gulungan benang kemudian diberi isian, misalnya kacang. Mungkin camilan ini masih asing di Indonesia, namun jika Anda pernah mengunjungi Turki, mungkin pernah melihat permen yang sangat mirip dengan kkultarae ini, namanya pismaniye.


Dakkochi



Bisa tebak makanan Indonesia yang mana yang mirip dengan makanan Korea yang bernama Dakkochi ini? Iya, itu adalah sate. Dakkochi adalah potongan ayam yang ditancapkan pada kayu dan kemudian dimasak ala barbeque style sambil diolesi saus manis ketika dipanggang. Tampak mirip namun tak sama, Dakkochi memiliki ukuran potongan ayam yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan sate ayam khas Indonesia.

Itulah beragam masakan dan makanan khas Korea yang sudah banyak di Indonesia terutama di Jakarta. Makanan Korea bukan satu-satunya makanan yang menjadi incaran masyarakat Jakarta, namun, Jepang dan makanan khas negeri lain juga sudah banyak di jajaki oleh masyarakat Indonesia terumata masyarakat Jakarta.

Read 785 times Last modified on Last modified on February 13 2017

Tentang Kami

Salam Halo Selebriti, jangan lupa selalu stay di depan TV nonton HALO Selebriti di SCTV setiap hari Senin s/d Kamis pukul 09.00-10.00 wib.

Follow : @haloselebs

- Disklaimer -

Halo Selebriti on Twitter