Makanan Khas Jambi Yang Bikin Lidah Bergoyang - Foto by Google Makanan Khas Jambi Yang Bikin Lidah Bergoyang - Foto by Google

Makanan Khas Jambi Yang Bikin Lidah Bergoyang

Published in Food Written by  March 13 2017 font size decrease font size increase font size
Rate this item
(0 votes)

HaloSelebriti.NET-Jambi- Jalan-jalan kesuatu tempat memang rasanya tak asik jika tak menyantap makanan khas. Apalagi jika kita pergi ke Jambi rasanya belum afdol jika tidak menikmati hidangan khas Jambi. Berikut hidangan khas Jambi seperti dirangkum HaloSelebriti.NET :

  1. Nasi gemuk


Nasi Gemuk di buat dari bahan-bahan dasar seperti daun pandan, beras, daun jeruk, dan daun salam. Hidangan ini merupakan makanan khas Jambi paling favorit, yang di sajikan bersama lauk, seperti telur, kacang, maupun ayam. Rasa nasinya yang gurih bisa Anda jadikan menu sarapan pagi, jika berkunjung ke kota Jambi.

 

  1. Kue SriKaya


Kue srikaya tidak di buat dari olahan buah srikaya, melainkan menggunakan tape yang di olah menggunakan santan, kemudian diberi pewarna dari daun pandan yang berwarna hijau. Aroma dan rasanya yang sangat lembut di mulut, membuat Anda tidak ingin berhrnti mengunyahnya.

 

  1. Dodol Nanas


Dodol nanas ini memiliki rasa yang manis dan dikemas dengan kemasan yang aman agar dodol tahan lama. Bagi yang penasaran ingin mencoba, silakan berkunjung ke Tangkit, Kabupaten Mauwaro Jambi. Di sana Anda bukan hanya bisa menikmati rasa dari dodol nanas, tetapi juga bisa mencicipi berbagai makanan lain yang di jamin nikmat.

 

  1. Tempoyak


Makanan ini sangat unik, karena bahan dasarnya durian. Cara pembuatan tempoya biasanya di campur dengan ikan segar, namun ada juga yang menghidangkan makanannya tanpa ikan. Tempoyak memiliki cita rasa sangat unik, karena rasanya sedikit asam dengan aroma durian yang sangat pekat.

 

  1. Kue gandus


Makanan khas Jambi yang satu ini di buat dari bahan tepung beras, sagu, santan, garam, dan bawang putih. Kue Gendus memiliki dua bentuk, yaitu bulat dan persegi. Cara penyajiannya juga unik, karena diatas kue diberi taburan ayam, udang, atau abon ikan.
 

  1. Dodol Kentang Kerinci


Kentang yang berada di kaki gunung Kerinci memiliki kualitas yang sangat baik. Itulah yang membuat masyarakat Jambi berinisiatif membuat dodol kentang. Dodol ini memiliki berbagai macam rasa, seperti durian, strawberry, gula merah, pandan, dan juga nanas. Dodol kentang kerinci ini sangat cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh dari khas Jambi.

 

  1. Daging Masak Hitam


Daging Masak Hitam merupakan masakan khas Jambi yang paling banyak diminati. Sekilas sangat mirip dengan semur Betawi, namun tentu saja berbeda. Daging Masak Hitam ini dibuat dengan bahan dasar daging sapi, yang di olah dengan beberapa bumbu dan rempah-rempah, seperti adasminas, kecap, kayu manis, kelapa, jinten, dan pala bubuk. Hidangan ini sangat cock jika dimakan dengan nasi yang hangat.

Read 490 times

Tentang Kami

Salam Halo Selebriti, jangan lupa selalu stay di depan TV nonton HALO Selebriti di SCTV setiap hari Senin s/d Kamis pukul 09.00-10.00 wib.

Follow : @haloselebs

- Disklaimer -

Halo Selebriti on Twitter