Sepuluh Makanan Khas Betawi Yang Bikin Ketagihan

Posted by  Dasril | October 12 2016

HaloSelebriti.NET-Jakarta- DKI Jakarta merupakan salah satu kota terpadat di dunia dengan wilayah sangat luas dengan jumlah penduduk yang padat pula. Maka tak heran kalau dunia kuliner nya pun cukup berkembang. Di tengah gempuran perkembangan kulinernya yang dimasuki banyak pengaruh internasional, Ibu Kota Jakarta sebenarnya menyimpan juga potensi kuliner tradisional unik dari warga Betawi.

Berikut kesepuluh makanan tersebut:

Soto Tangkar

Jika anda penikmat Soto Betawi dan ingin merasakan versi lain yang tak kalah menarik, Soto Tangkar bisa jadi pilhan menarik.Memiliki kemiripan dengan Soto Betawi, perbedaan utama Soto Tangkar terletak pada kuahnya yang dibuat dari santan, sehingga menimbulkan warna kuning pekat.

 

Pecak Ikan

Pecak Ikan adalah hidangan khas Betawi berupa Ikan goreng yang kemudian dimasak dengan bumbu kuah dengan rasa pedas, gurih, dan asam yang segar. Hidangan Pecak Ikan ini sudah termasuk langka, dan seringkali anda harus agak melipir ke arah Parung atau Tangerang untuk bisa menikmati sajian ini.

 

Soto Betawi

Dengan isi daging sapi yang nikmat, dipadu gurihnya kuah berbahan susu (sekarang banyak diganti santan), Soto Betawi merupakan hidangan khas yang popularitasnya menyebar luas hingga ke kota-kota lain dan termasuk salah satu menu Betawi yang paling dicari, dan cukup sering disajikan hingga di restoran-restoran kelas atas.                

 

Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan hasil modifikasi dari nasi putih yang diolah dengan cara yang cukup berbeda dari cara mengolah nasi putih biasanya, nasi diaron kemudian dikukus dengan memakai air santan dari kelapa yang telah diparut, dibumbui dari berbagai rempah-rempah alami.

 

Nasi Kebuli

Nasi Kebuli dimasak dengan aneka bumbu aromatik seperti kayu manis, cengkih, kapulaga, jinten, ketumbar, dan pala.Jenis nasinya sendiri dipakai jenis nasi lokal, namun yang lebih pas lagi adalah nasi yang memiliki butiran nasi panjang, mirip jenis nasi yang dipakai di negara asalnya.

 

Laksa Betawi

Berbahan baku ketupat, tauge, kemangi dengan kuah santan berisi kucai kemangi, kecambah, dan udang rebon sebagai penambah rasa gurih. Adapun bumbu lainnya lada, jinten, ketumbar, pala, semuanya disiapkan dalam tiga tahap berbeda.

 

Gabus Pucung

Jika anda terbiasa dengan Rawon, maka sajian Gabus Pucung khas Betawi ini memiliki kemiripan, karena sama-sama menggunakan keluwak (pucung) sehingga memiliki kuah berwarna kehitaman. Bedanya, Gabus Pucung sesuai namanya menggunakan Ikan Gabus, jenis ikan liar yang biasa banyak hidup di rawa-rawa Jakarta. Dari sisi rasa pun, kalau Rawon cenderung gurih dan agak manis, maka Gabus Pucung memiliki rasa yang gurih dan agak pedas.

 

Nasi Ulam

Salah satu kuliner khas Betawi yang masih dilestarikan, Nasi Ulam memiiki kemiripan dengan Nasi Uduk dalam hal lauk yang disertakan, dengan perbedaan utama yaitu tidak menggunakan santan dalam pengolahannya. Padanan favorit untuk Nasi Ulam adalah serundeng, teri medan dan kacang, dendeng dan semur jengkol.

 

Pecak Gurame

Pecak adalah perpaduan rasa dari bumbu-bumbu seperti jahe, cabe, bawang merah dan jeruk limau. Jahe, cabai, bawang merah dan garam dihaluskan, lalu di beri air dan jeruk limau kemudian disiramkan ke ikan gurame goreng atau bakar. Perpaduan rasa itu mampu memberikan rasa segar berpadu dengan gurihnya ikan gurame.. pokoknya maknyus!!

 

Sayur Babanci

Terbuat dari tak kurang 21 jenis bahan berbeda, kuliner Betawi yang satu ini termasuk yang paling sulit ditemukan, karena cara masak dan ketersediaan bahannya yang sudah langka, sebut saja misalnya kedaung, botor, dan tai angin. Aslinya resep Sayur Babanci juga menyertakan kepala sapi, dan waktu memasaknya hingga berjam-jam. Dengan bumbu yang kompleks, Sayur Babanci memiliki rasa yang gurih, pedas, segar, agak mirip kuah lontong Cap Go Meh, namun dengan intensitas yang lebih kuat dan konsistensi lebih kental, rasa manis dari kelapa muda, serta wangi dari serundeng.

 

Redaksi  | Pedoman Media Cyber  | Kontak Pos  | Info Iklan 

Copyright @2018 - HaloSelebriti. All Right Reserved