Lontong ala Kesultanan Ternate

Posted by  | October 26 2016

HaloSelebriti.NET-Jakarta- Pali-pali adalah makanan khas bagi rakyat Ternate, bentuknya mirip lontong. Hanya cara membuatnya lebih mirip ketupat. Pali-pali dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam kemasan anyaman daun lontar namun tanpa santan sama sekali. Pali-pali dibentuk bulat dan lonjong memanjang hingga berbentuk seperti lontong.

Dari segi rasa sudah dapat dipastikan makanan ini memiliki citarasa yang unik. Rasanya kurang lebih mirip ketupat yang kita kenal menjadi makanan utama disaat lebaran. Tidak semua orang layak membuat Pali-pali. Bagi rakyat Ternate, Pali-pali merupakan makanan sakral yang kemunculannya hanya ditunggu ketika acara-acara khusus Kesultanan. Tidak hanya itu, untuk membuat Pali-pali seseorang harus mendapatkan restu dari keluarga Kesultanan yang biasanya berlaku secara turun-temurun.

Pali-pali adalah makanan yang berkelas tinggi. Sudah selayaknya nilai ini kita jaga bersama dan lestarikan, mengingat semakin banyaknya pengaruh kuliner instan dan modern yang membahayakan kelestarian makanan seperti Pali-pali.

 

Redaksi  | Pedoman Media Cyber  | Kontak Pos  | Info Iklan 

Copyright @2018 - HaloSelebriti. All Right Reserved