Jika Ke Pulau Sumba, Inilah Tempat yang Wajib Anda Kunjungi

Posted by  Halo Selebriti Net | April 20 2018

Pulau Sumba merupakan salah satu pulau dengan lansekap paling indah di Indonesia. Terletak jauh dari hingar bingar kawasan megah dengan segudang fasilitas lengkap.

Kawasan yang 'menyendiri' di selatan Labuan Bajo ini hidup dengan kemegahannya sendiri.

Bukan tersaji gemerlap lampu-lampu jalan atau gedung bertingkat, tapi hamparan lansekap menawan yang siap memanjakan mata Anda.

Anda mungkin pernah bercita-cita untuk bisa mengunjungi rumput berbukit hijau seperti yang dimiliki Skotlandia dan Irlandia. Sepertinya kuburlah cita-cita Anda itu karena Pulau Sumba memiliki segalanya.

Dengan menggunakan promo Traveloka, Anda bisa mewujudkan impian melihat salah satu tempat paling eksotis Indonesia. Terlebih, ketika Anda bisa datang di waktu yang tepat karena setiap tahun beberapa daerah di pulau ini berubah menjadi arena perang tradisional yang selalu menjadi buruan banyak turis domestik maupun mancanegara.

Pastikan Anda mengalokasikan banyak waktu untuk menjelajah Pulau Sumba. Minimal seminggu karena akan banyak destinasi yang bisa Anda kunjungi. Percayalah, pulau yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ini akan membuat Anda malas untuk beranjak dari satu tempat ke tempat lainnya.

Masuk lewat jalur udara ke Bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu di sebelah Timur, selanjutnya Anda akan keluar lewat barat melalui Bandara Tambolaka. Dibelah oleh jalur Trans Sumba, Anda bisa mengunjungi daftar destinasi ini selama liburan di pulau Sumba.

 

Kampung Tarung.

Kampung ini merupakan situs megalitikum yang masih bertahan di nusantara. Lokasinya berada di atas bukit, tepat di kota Waikabubak. Berbeda dari rumah di lingkungan sekitar yang sudah lebih modern, Kampung Tarung justru masih memertahankan bentuk rumah tradisional yang diwariskan leluhur mereka. Di sini Anda bisa mengenal masyarakat lokal Nusa Tenggara Timur.

 

Desa Ratenggaro.

Selain Kampung Tarung yang menjadi tempat populer bagi wisatawan di pulau Sumba, Desa Ratenggaro juga menawarkan kebudayaan lokal tak kalah menarik.  Anda bisa menemukan rumah tradisional sangat unuk, terbuat dari bambu dengan atap mencapai 25 meter. Seperti pedesaan lain di Sumba, atap tinggi dibangun untuk menghormati roh leluhur sesuai dengan kepercayaan Marapu yang banyak dianut oleh suku asli pulau Sumba.

Menariknya lagi, terdapat pantai tersembunyi di desa kecil di Sumba barat daya ini. Anda penggila surfing pasti menyukai tempat ini. Pasir putih, air jernih dan ombak, cukup besar dengan gulungan panjang. Semakin memuaskan hasrat Anda untuk berselancar.

 

Pantai Mandorak.

Pantai ini menjadi favorit wisatawan yang datang ke Sumba. Pasir putih halus dan air bergradasi biru, hijau, hingga pirus. Dilindungi 2 karang terpisah sejauh 5 meter. Bagian kolongnya menjadi pintu masuk air laut dan ombak menggulung-gulung. Wisatawan dibolehkan berenang. Namun perlu hati-hati, terkadang ombak datang cukup besar.

 

Danau We'ekuri.

Berjarak dua kilometer dari Pantai Mandorak, Danau ini berair asin. Jadi tempat terbaik untuk berenang. Airnya berasal dari laut yang masuk melalui lubang lalu terperangkap di dalam daratan lebih rendah. Warnanya jernih bercampur biru. Anda bahkan bisa mengapung di danau ini dalam waktu lama. Tempat yang tepat menikmati waktu bukan?

 

Bukit Wairinding.

Hamparan perbukitan sejauh memandang yang diselimuti rerumputan hijau sebelum musim kemarau datang menjadi pemandangan sangat menyegarkan untuk dilihat. Memang, tidak ada atraksi yang bisa Anda lihat tapi melihat hamparan perbukitan yang hijau dengan guratan-guratan manis, rasanya cukup untuk membuat Anda terpesona. Percayalah, sesaat setelah sampai disana, Anda tak rela untuk meninggalkan Wairinding dan ingin mendirikan hunian disana.

 

Pantai Walakiri.

Ada perbedaan besar antara pantai ini dengan pantai lainnya di Sumba. Deretan pohon bakau yang tumbuh tak jauh dari pinggir pantai kian mempercantik pantai yang terkenal dengan biru laut dan pasir putih. Hanya berjarak sekitar 24 KM dari pusat kota Waingapu, Anda bisa mencapainya dalam 30 menit saja. Sewa motor menjadi cara terbaik untuk sampai di sana karena jarangnya tranportasi dalam kota. Menikmati sunset menjadi hal paling fantastis yang Anda lakukan di pantai ini.

 

Air Terjun Matayangu.

Harta karun alam Pulau Sumba ini tersembunyi di dalam hutan berjarak sekitar 10 KM dari kampung terakhir di Sumba Tengah. Air Terjun Matayangu dipercaya masyarakat lokal sebagai tempat persinggahan sementara para arwah. Airnya terjun dari ketinggian 100 meter dan langsung memenuhi kolam berbentuk mangkok di bawahnya. Uniknya, warna air di ini berwarna biru langit dan memiliki lima tingkat.

 

Redaksi  | Pedoman Media Cyber  | Kontak Pos  | Info Iklan 

Copyright @2018 - HaloSelebriti. All Right Reserved