Connect with us

Lifestyle

5 Manfaat Daun Kelor Buat Kecantikan Wajah

Published

on

Daun kelor atau yang dikenal dengan Moringa oleifera merupakan daun asal India yang telah digunakan sebagai pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Tanaman kelor juga banyak ditemukan di Indonesia.

Daun dengan nama ilmiah moringa oleifera ini juga dikenal kaya akan antioksidan, asam amino, vitamin dan mineral. Jadi  sangat bermanfaat bagi kesehatan kamu. Selain bagus untuk kesehatan, daun kelor juga banyak manfaatnya juga untuk kecantikan kamu.

Tidak dipungkuri tren perawatan kecantikan dari bahan alami pun masih tinggi peminatnya. Jadi daun kelor bisa kamu jadikan salah satu alternatif dalam merawat kecantikan wajah kamu.

Pada produk kecantikan, daun kelor biasanya dijadikan ekstrak atau diambil minyak atsirinya.Bagian inilah yang dinilai memiliki manfaat bagi muka dan bagian kulit yang lainnya.

Lalu apa saja manfaat daun kelor untuk kecantikan wajah kamu ? Berikut 5 manfaat daun kelor buat kecantikan wajah kamu (dari berbagai sumber):

  1. Mencegah penuaan pada wajah.

Tinggal di negara tropis membuat kulit wajah sering terpapar sinar matahari sehingga mempercepat penuaan kulit. Sinar ultraviolet dalam matahari menyebabkan kolagen rusak dan elastisitas kulit menurun. Akibatnya, muncul kerutan di wajah yang sering disebut sebagai keriput. Dan minyak biji kelor mengandung antioksidan yang tinggi. Karena itu dapat membantu melawan radikal bebas yang dihasilkan dari sinar UV, melindungi keutuhan elastin pada kulit yang berfungsi untuk menjaga kekencangan kulit. Selain itu minyak kelor juga dapat melembapkan kulit.

  1. Melembabkan bibir.

Minyak daun kelor juga sering digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan bibir seperti lip balm atau masker bibir. Minyak kelor memiliki kualitas yang sangat baik, mirip dengan minyak zaitun. Meski terpapar udara, kualitas minyak daun kelor lebih tahan lama. Dengan begitu daun kelor tersebut memiliki kemampuan untuk melembapkan bibir yang kering dan dapat mempertahankan kelembutan bibir.

  1. Memperbaiki warna dan tekstur kulit.

Daun kelor terbukti dapat membantu mencerahkan warna kulit secara merata dan mencegah noda hitam muncul. Tumbuk daun kelor dan oleskan pada kulit yang memiliki noda hitam atau bintik gelap di wajah. Kulit akan senantiasa bersih dan memiliki tekstur yang kenyal dan kencang.

  1. Mengatasi jerawat dan komedo.

Daun kelor juga bermanfaat sebagai obat jerawat yang efektif. Minyak kelor terdaftar sebagai salah satu minyak alami dengan kandungan asam linoleat lebih dari 10% yang diperlukan untuk mengobati jerawat secara efektif.Selain itu, daun kelor juga memiliki efek antimikroba yang dapat membasmi jerawat karena bakteri dan juga menghilangkan komedo.

  1. Mengecilkan pori-pori wajah.

Pori-pori dapat membesar karena paparan debu dan partikel mikro. Daun kelor ternyata dapat mencegah kotoran dan kuman menempel pada kulit dengan melarutkannya secara alami saat kulit dibasuh air.

Itulah 5 manfaat daun  kelor untuk kecantikan wajah kamu. Jadi tidak heran kalau daun kelor banyak terdapat dalam produk kecantikan, seperti skincare. Namun, tidak semua orang cocok menggunakan daun kelor sebagai perawatan wajahnya. Jadi kalau kamu tertarik menggunakannya, lakukan patch test dengan mengoleskan sedikit ke tangan atau leher kamu dan tunggu hasilnya selama beberapa saat. Jika tidak terjadi alergi seperti gatal dan kemerahan, maka kamu aman menggunakan produk kecantikan berbahan dasar daun kelor.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *