Connect with us

Lifestyle

7 Tips Aman Jalani Puasa di Tengah Pandemi Covid-19 berdasarkan Anjuran WHO

Published

on

Tidak dapat disangkal bulan Ramadhan 1442 Hijriah kali ini masih sama kondisinya dengan Ramadhan sebelumnya, sama-sama masih berada ditengah pandemi Covid-19. Tentu saja kondisi ini membuat kita pun tidak boleh lengah dalam menjaga kebersihan dan kesehatan, terutama tetap melakukan dan memperhatikan prokes kesehatan dari Pemerintah, diantaranya rajin cuci tangan dan memakai masker.

Supaya tetap aman selama jalani puasa Ramadhan ditengah pandemi Corona ini, maka  WHO Indonesia turut memberikan arahan bagi masyarakat agar tetap terjaga dari Covid-19. Berikut 7  tips aman jalani puasa di tengah pandemi Corona versi WHO yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

Perhatikan Asupan Gizi Selama Berpuasa

Kekebalan tubuh yang ekstra saat bulan suci Ramadan juga harus tetap jadi prioritas apalagi saat ini kita akan berpuasa di tengah mewabahnya virus Corona. Mengingat  cukupnya  asupan gizi pun bisa meminimalkan risiko terpapar virus Corona. Asupan gizi tersebut diperoleh dengan mengkonsumsi makanan segar dan bukan kemasan, serta memperbanyak minum air putih.

Buka dan Sahur di Rumah

Usahakan untuk buka dan sahur di rumah bersama keluarga inti di rumah saja. Jangan mengunjungi restoran dan berkumpul di tempat umum dan tetap jaga jarak fisik satu sama lain.

Jangan Merokok

Saat berpuasa di tengah pandemi Corona hindari merokok. Sebab penggunaan tembakau tidak disarankan selama Ramadan dan saat pandemi Covid-19. Perokok umumnya sudah memiliki kapasitas paru-paru yang berkurang. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko seseorang terjangkit virus Corona dan menyebabkan seseorang tidak bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Pilih Waktu dan Tempat yang Tepat Untuk Belanja

Perkirakan waktu dan tempat yang tepat untuk belanja keperluan di bulan Ramadhan, hindari pasar yang ramai dan selalu jaga jarak fisik setidaknya 1 meter dari orang lain.

Tetap Lakukan Aktifitas Fisik

Puasa bukan alasan bagi seseorang untuk bermalas-malasan, karena itu WHO tetap menganjurkan untuk melakukan aktivitas fisik. Namun dalam hal ini tentu saja ada pembatasan secara intensitas dan jenis gerakan yang dipilih, hal ini penting untuk tetap menjaga kebugaran. Dan tetap dianjurkan melakukan aktifitas di dalam rumah, kalau penting sekali baru ke luar rumah.

Jangan Mudik Dulu

Meski mudik merupakan salah satu tradisi lebaran, namun sebaiknya jangan dulu mengunjungi keluarga di kampung. Silaturahmi bisa dilakukan dengan cara lain, misalnya dengan berkomunikasi melalui panggilan telepon atau video call.

Jaga Jarak dan Jaga Kebersihan Selama Beramal

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak amal dan ibadah. Namun yang perlu diingat saat kamu ingin beramal, pastikan adanya pembatasan fisik, seperti menghindari perkumpulan besar dan antrian, menggunakan pelindung diri seperti masker, menghindari menyentuh wajah serta senantiasa mencuci tangan dengan sabun.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *