Connect with us

#BersamaLawanCovid19

Awas Hoaks: COVID-19 Tidak Menyebar Melalui Droplet dan Penggunaan Masker Sebabkan Hasil Tes Positif

Published

on

Sumber foto: covid19.go.id

Berita tentang pandemi COVID-19 memang menjadi berita utama semenjak virus COVID-19 masuk ke Indonesia. Namun, banyak yang membuat berita bohong atau hoaks berkaitan dengan virus COVID-19. Salah satu berita bohong tentang COVID-19 tidak menyebar melalui droplet dari penggunaan masker sebabkan hasil tes positif. Faktanya, informasi tersebut adalah salah.

Dikutip dari covid19.go.id, WHO telah menyatakan bahwa penyebaran penularan virus corona penyebab COVID-19 adalah droplet (percikan air liur) atau keluarnya cairan dari hidung dari orang yang terinfeksi.

Sementara, penggunaan masker terbukti aman, mampu menangkal penyebaran virus melalui droplet, dan tidak ada kaitannya dengan hasil tes COVID-19 menjadi positif.

Jika menerima berita harus memastikan kebenarannya terlebih dahulu sebelum mempercayainya. Sebagai cara membantu melawan virus COVID-19 jangan lupa untuk mengikuti program vaksinasi dan terus menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan, 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak). Juga 3T pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment). Mari sama-sama kita lawan virus COVID-19. Salam sehat!

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: May Evita Sari

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *