Connect with us

Lifestyle

Bahaya Ini Mengintai Jika Masih Malas Cuci Tangan

Published

on

Mencuci tangan merupakan salah satu bentuk pencegahan dari virus Corona COVID-19 yang paling mudah dilakukan. Saat cuci tangan, sangat disarankan dengan menggunakan air yang mengalir dan sabun. Meski terdengar sepele, kegiatan ini sangat bermanfaat tak hanya untuk mencegah COVID-19 saja. Kalau malas melakukannya, bisa-bisa berbagai macam penyakit akan menyerang tubuh kamu.

1. Gangguan pernapasan

Saat malas mencuci tangan, penyakit dengan mudah akan mendekat ke tubuh kita. Penyakit pernapasan, seperti flu hingga pneumonia bisa saja muncul dari kebiasaan buruk tersebut. Jika kamu mencuci tangan dengan baik, ternyata bisa mengurangi risiko pilek dan penyakit pernapasan lainnya hingga 21 persen.

2. Diare

Diare juga termasuk penyakit yang mudah menyerang jika malas mencuci tangan, terutama setelah buang air. Hal ini karena bakteri dan virus dari feses, seperti salmonella, norovirus, bahkan E.coli bisa menginfeksi menyebabkan diare.

3. Keracunan makanan

Mencuci tangan wajib dilakukan sebelum makan dan sesudah makan serta saat memasak. Jika tidak, tanpa disadari bahan mentah yang akan diolah seperti daging atau telur bisa saja mengandung bakteri. Mencuci tangan sangat penting untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang.

4. Menularkan penyakit ke orang lain

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering menyentuh permukaan benda di lingkungan sekitar dan menularkan penyakit. Misalnya saat kamu menyentuh gagang pintu setelah menyentuh hidung, mata, atau bagian tubuh lainnya.

Tanpa disadari, bisa saja orang lain yang memegang gagang itu berisiko “mengambil kuman” yang berasal dari diri kamu saat sedang sakit. Virus Corona diketahui bisa menular lewat cara ini.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *