Connect with us

Lifestyle

Begini Cara Hidup Bahagia dengan Menjadi Diri Sendiri!

Published

on

Jadilah diri sendiri, perkataan ini memang sering kita dengar. Dengan perkataan itu juga bisa membuat hidup kamu jauh lebih bahagia ketimbang harus bersusah payah meniru menjadi orang lain, sekalipun orang itu adalah idola kamu sendiri. Karena itu mulailah belajar untuk menjadi diri sendiri dan miliki pandangan yang lebih positif tentang diri kamu sendiri.

Untuk menjadi diri sendiri itu memang tidak mudah, namun dengan cara-cara berikut ini kamu bisa melakukannya  menjadi jauh lebih mudah (dari berbagai sumber).

  1. Belajar tentang siapa dirimu sebenarnya

Apakah kamu sudah tahu siapa diri kamu sebenarnya dan apa kelebihan kamu?

Sejak kecil, orang-orang disekeliling kita memang sudah menekankan hal-hal yang dianggap ideal, mulai dari segi fisik, gaya hidup, hingga pilihan studi bahkan karier. Dan hal ini bisa terbawa sampai dewasa. Cuma masalahnya jika kamu mengikuti sesuatu yang bukan pilihan kamu sendiri, itu justru akan menjadi beban kamu sendiri dan membuat hidup kamu tidak bahagia. Nah mulailah sejak saat ini kamu gunakan pendapat kamu sendiri. Dan jangan pernah terpengaruh oleh omongan atau pengaruh  buruk orang lain.

  1. Berhenti bersikap negatif pada diri sendiri

Lebih mudah untuk bersikap negatif terhadap diri sendiri, daripada bersikap positif terhadap diri sendiri. Terutama jika saat melihat orang lain yang dianggap punya kelebihan dibanding dirimu. Oleh karena itu, bila kamu ingin menjalani hidup dengan lebih bahagia, maka tetap berpikir positif.

  1. Jangan khawatir dengan pandangan orang lain

Jika kamu sesekali memikirkan bagaimana pandangan orang lain terhadap dirimu, memanglah dapat membantumu berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Namun bukan berarti dirimu harus terus-menerus bertanya tentang apa yang dipikirkan oleh orang lain.

Bila memang kamu memerlukan perubahan, maka lakukanlah saja karena keinginanmu sendiri, bukan karena ada orang yang mempengaruhimu. Jadi biarkan saja pandangan orang lain mengenai kamu, tetap yakin kalau kamu bisa jauh lebih baik dari mereka.

  1. Maafkan dirimu

Apakah kamu pernah merasa kesulitan memaafkan dirimu sendiri karena telah membuat berbagai kesalahan? Tentu saja hal ini dapat membawa beban tersendiri dan menempatkan fokusmu pada masalah dan bukan pada solusi.

Jadi yang penting, ikuti kata hati kamu sendiri. Memang tidak ada salahnya jika sesekali kita menyenangkan hati orang lain dengan melakukan apa yang menjadi keinginan orang lain tersebut. Tapi akan jadi masalah jika kamu tidak pernah melakukan apa yang kamu inginkan, tapi malah melakukan apa yang diinginkan orang lain. Karena itu kamu harus tahu batasannya, kapan harus menyenangkan orang lain dan kapan saatnya harus mengikuti kata hati sendiri. Selain itu kamu juga harus tahu aturannta, jangan sampai ingin bahagia menjadi diri sendiri, tapi malah membuat kamu berubah jadi sosok yang egois.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *