Connect with us

Lifestyle

Berhak Bahagia, 4 Hal Ini Jangan Sampai Kamu Korbankan Atas Nama Cinta

Published

on

Cinta itu Buta dan Cinta itu Pengorbanan, dua ungkapan tersebut memang mewakili bagi mereka yang sedang dimabuk cinta. Satu sisi hal tersebut memang sah-sah saja selama masih memberikan kebaikan dan kenyamanan bagi kamu yang menjalankannya. Namun jika sudah berlebihan, banyak memberikan dampak negatif dan sudah tidak membuat kamu tidak nyaman, sebaiknya perlu pikir panjang lagi untuk meneruskan hubungan kamu dengan sang pasangan.

Tidak semua aspek dalam hidup kita harus dikorbankan atas nama cinta karena hidup kamu jauh lebih berharga dan kamu juga berhak bahagia. Miliki pasangan tidak semestinya membuat hidup kamu jadi lebih buruk. Namun yang dibutuhkan adalah pasangan  yang bisa komit untuk mengarungi hidup bersama yang lebih baik. Karena itu ada beberapa hal yang perlu kamu  pertimbangkan baik-baik sebelum kamu memilih atau melepas pasangan kamu dalam hidup kamu.

  • Harga Diri

Meski sudah merasa saling kenal, tapi namanya harga diri tetap harus dijaga. Kehilangan harga diri bisa membuat pasangan kamu tidak lagi menghargaimu. Sikap tidak menghargai itu bisa dalam bentuk perselingkuhan yang dilakukan pasangan atau kekerasan dalam suatu hubungan. Jadi jangan korbankan harga dirimu demi pasangan karena kamu manusia bukan benda mati yang butuh diperlakukan dengan baik, dihargai baik secara emosi, fisik maupun  spiritual. Satu sisi rasa tidak dihargai akan membuat hidupmu menderita.

  • Impian-Impianmu

Setiap orang miliki impiannya masing-masing, namun kadang impian tersebut harus kandas setelah seseorang sudah menemukan pasangan hidupnya. Jadi, jangan korbankan impianmu hanya karena pasanganmu memintamu  untuk melepasnya. Impian ini bisa mencakup soal pendidikan, karier atau lainnya. Setelah menikah memang ada penyesuaian tapi kamu tetap bisa menentukan mana yang prioritas dan selama masih bisa dilakukan maka lakukanlah.

Beda dengan pasangan yang belum menikah dan ia sudah melarangmu melakukan impianmu, maka jangan tutup mata kamu dan pikir ulang lagi apakah pasangan seperrti itu pantas untuk kamu dan bisa membuat hidupmu bahagia nantinya.

  • Keluarga

Ada kalanya pasangan hanya bisa menerima diri kamu saja, tapi tidak begitu dengan keluarga kamu. Dan atas nama cinta juga rasanya tidak bijak kalau kamu sampai harus mengorbankan keluargamu. Jika ini terjadi maka  hubungan kamu dan pasangan bukan hubungan yang positif. Kalau hubungan positif maka sang pasangan tidak akan menjauhkanmu dari ikatan keluarga. Jadi apabila kamu sampai melukai anggota keluargamu demi pasangan, coba pertimbangkan lagi seberapa layak pasangan kamu itu untuk dipertahankan.

  • Kesehatan

Miliki pasangan biasanya membuat ruang gerakmu terbatas, termasuk aktifitas kamu untuk berolahraga. Namun jangan korbankan kesehatanmu atas nama cinta hanya karena pasangan terlalu posesif dan melarangmu berolahraga rutin ke tempat olahraga dan kamu  patuh begitu saja. Padahal kamu tetap punya hak untuk menjaga kesehata dan memperbaiki kualitas hidupmu. Jika pasanganmu benar-benar mencintaimu, maka semestinya dia mendukung upayamu untuk menjaga kesehatan, bukan malah melarang.

Jadi itulah 4 hal yang jangan sampai kamu korbankan demi pasangan atau atas nama cinta. Meski masing-masing orang punya sudut pandang dan pendapat sendiri terkait cinta dan pengorbanan,namun tidak semua hal harus kamu korbankan. Semoga kamu tidak salah pilih pasangan dan hubungan kamu dengan pasangan bisa membuat hidup kamu  jauh lebih berarti dan bahagia.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *