Connect with us

#BersamaLawanCovid19

Cegah Penularan COVID-19, Perkuat Tracing!

Published

on

Tracing atau pelacakan kontak COVID-19 adalah sebuah proses yang berfungsih untuk mencari atau memantau kontak yang terjadi dengan orang yang terinfeksi COVID-19 (kontak erat). Tujuan dilakukannya tracing adalah untuk memutus rantai penularan COVID-19 di tengah masyarakat.

Dikutip dari covid19.go.id, Tracing sendiri dilakukan oleh petugas (tracer) seperti petugas kesehatan, maupun elemen masyarakat (satlinmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, kader karang taruna, PKK, dan relawan lainnya) yang telah mendapatkan pelatihan.

Tracing berperan penting dalam mencegah penularan COVID-19 lebih jauh lagi. Untuk ikut berpartisipasi dalam memutus rantai penularan, ada baiknya untuk mengurangi mobilitas diluar rumah dan tidak berkumpul dengan banyak orang.

Sebagai cara membantu melawan virus COVID-19 jangan lupa untuk mengikuti program vaksinasi dan terus menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan, 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak). Juga 3T pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment). Mari sama-sama kita lawan virus COVID-19. Salam sehat!

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: May Evita Sari

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *