Connect with us

Lifestyle

Dampak kecemasan berlebihan pada kesehatan dan 5 Tips Mengendalikannya

Published

on

Kecemasan yang dibiarkan berlarut-larut atau berlebihan dapat memicu kamu mengalami gangguan rasa cemas. Pada gangguan rasa cemas, kecemasan yang dirasakan tidak juga hilang meski pemicunya telah berlalu, bahkan jika pada awalnya rasa cemas yang dirasakan muncul tanpa suatu sebab tertentu.

Beberapa gejala yang umum terjadi pada seseorang dengan gangguan rasa cemas, seperti mau  akan mengalami serangan panik, detak jantung yang meningkat, pernapasan yang terburu-buru, ketakutan yang berlebihan hingga akhirnya mampu mempengaruhi kehidupan sosial dan kesehatan Anda. Dan reaksi bisa berakibat kepada sakit perut, pusing, telapak tangan berkeringat dan jantung berdegup cepat.

Tidak mau kan semua itu terjadi pada diri kamu? Kecemasan adalah reaksi normal tetapi ketika kamu  tidak dapat mengontrol kecemasan Anda, dapat mempengaruhi kesehatan kamu. Karena itu supaya tidak semakin buruk, kamu harus mengenali tanda-tanda peringatan dari kecemasan dan menemukan cara mengatasinya. Berikut tips bermanfaat untuk mengatasi kecemasan kamu:

  1. Berolahraga secara teratur

Tanpa berolahraga bisa memicu stres  dan akan menyebabkan otot-otot kamu tegang dan menyebabkan rasa sakit. Sementara itu, ketika tubuh bergerak, energi berlebih akan dikeluarkan dan kamu akan merasa lebih seimbang secara mental.

Akibatnya, neurotransmitter (zat kimia otak yang mengkomunikasikan informasi di seluruh otak dan tubuh kita) bisa dilepaskan, menyebabkan peningkatkan dalam mood kamu  dan bernapas. Berolahraga secara teratur dapat membantu Anda mengurangi kecemasan.

2. Memiliki gaya hidup sehat

Masalah terbesar bagi orang-orang cemas dengan depresi adalah kurangnya waktu tidur yang cukup. Tidur membantu kamu  untuk menyeimbangkan tubuh serta kondisi psikologis. Waktu tidur juga merupakan waktu bagi kamu untuk rileks sepenuhnya. Kamu harus memiliki waktu tidur yang cukup untuk menghilangkan kecemasan.

3. Berlatih relaksasi

Visualisasi adalah salah satu dari banyak strategi relaksasi yang membantu kamu  mengatasi kecemasan. Coba bayangkan bahwa kamu berada di tempat yang santai, pantai yang indah atau taman hijau misalnya. Hal itu akan membuat kamu measa lebih tenang.

4. Cari hal-hal Pengalih perhatian Anda

Alihkan pikiran Anda, dengan memulai percakapan dengan seseorang tentang topik baru yang tidak terkait dengan masalah yang membuat kamu cemas. Bila kamu tidak berpikir tentang kecemasan, masalah mungkin tidak ada dalam pikiran kamu dan bisa mengurangi rasa cemas kamu.

5. Mulailah dengan tujuan yang kecil dulu

Kamu mungkin telah mendengar perkataan seperti mulailah sesuatu secara bertahap. Membangun tujuan kecil dan penuhi tujuan tersebut setiap harinya. Jangan mencoba untuk mengatur terlalu banyak tujuan besar karena kamu mungkin merasa kewalahan dan cemas.

Kelima hal tersebut bisa mengatasi kecemasan kamu. Tapi ingat, jika kamu  tidak bisa menangani rasa cemas seorang diri, kamu  perlu ke dokter untuk dirujuk ke seorang psikolog atau seorang profesional kesehatan mental lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa membuat kamu tenang, tidak cemas lagi.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *