Connect with us

Lifestyle

Dirumah Saja Tapi Kok Kulit Wajah Makin Bermasalah? Ini 5 Alasannya!

Published

on

Saat karantina di rumah saja seharusnya kulit wajah tidak terlalu bermasalah karena tidak terpapar polusi atau matahari berlebihan, tapi yang ada kok kulit wajah malah bermasalah. Pertanyaan ini mungkin muncul di benak kamu yang memang mengalami masalah kulit wajah selama di rumah saja. Wajah jadi kusam, berjerawat atau tambah berminyak.

Nah bagi kamu yang mengalami kulit wajahnya bermasalah atau breakout saat stay at home, 5 penjelasan ( dari berbagai sumber) ini semoga bisa membantu kamu keluar dari kulit breakout tersebut.

  1. Jarang membersihkan atau mengganti seprai

Ilustrasi. (Foto: pixabay)

Berapa banyak waktu yang kamu habiskan di atas kasur? Semakin sering menghabiskan waktu di atas kasur, kamu harus semakin rajin untuk membersihkannya. Menurut Gary Goldenberg, M.D., direktur medis dari Icahn School of Medicine at Mount Sinai mengatakan bahwa kita bisa memastikan kulit berada dalam lingkungan yang bersih dengan rutin mengganti seprai karena kotoran dan minyak akan berpindah dari kulit wajah ke seprai atau sarung bantal kita. Padahal, kotoran dan minyak yang menumpuk di sana bisa menyebabkan jerawat.

  1. Sering begadang

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Kurang istirahat bisa memicu munculnya jerawat. Kurang tidur, stres dan berkeringat dianggap sebagai tiga pemicu utama jerawat. Menurut Joshua Zeichner, ahli dermatologi asal New York, gangguan siklus tidur bisa meningkatkan kortisol dan menyebabkan peradangan pada kulit. Kelebihan produksi kortisol membuat kelenjar sebaceous menghasilkan minyak lebih banyak.

  1. Kekurangan asupan vitamin D

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Jarang keluar rumah membuat kita kekurangan vitamin D. Seperti yang kita ketahui, vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari. Kekurangan vitamin D berkorelasi dengan tingkat keparahan jerawat. Jika tidak meminum suplemen vitamin D, kamu bisa berjemur setiap pagi di depan rumah saat indeks UV sedang rendah, umumnya sebelum jam 9 pagi.

  1. Terkena blue light dari layar gadget

Ilustrasi. (Foto: tempo.co)

Blue light adalah warna dalam spektrum cahaya yang bisa dilihat oleh mata manusia. Blue light memiliki panjang gelombang yang pendek dan menghasilkan energi yang lebih tinggi. Efeknya, blue light bisa menyebabkan mata tegang, kelelahan, sakit kepala dan sulit tidur.

Kita bisa terpapar blue light dari layar laptop atau komputer, apalagi jika kita menggunakannya dalam kurun waktu yang lama. Di sisi lain, menatap layar gadget terus-menerus akan membuat kulit menjadi lebih berminyak dan mudah breakout.

  1. Mencuci muka terlalu sering

Ilustrasi. (Foto: freepik.com)

Kadang, ada orang yang sering mencuci muka karena bosan dan tak tahu apa yang harus dilakukan. Padahal, mencuci muka terlalu sering bisa memecah mantel asam, lapisan pelindung di kulit yang terdiri dari keringat, minyak dan bakteri baik. Jadi sebaiknya mencuci muka 1-2 kali sehari saja, yakni pada pagi saat bangun dan malam hari sebelum tidur.

  1. Stres dan terlalu banyak beban pikiran

Ilustrasi. (Foto: freepik.com)

Kondisi covid yang masih terus berlanjut memang wajar membuat ada diantara kamu yang jadi stres. Tapi  jangan biarkan stres mengontrolmu karena akan menghasilkan reaksi kimia dan mendatangkan malapetaka pada kulit. Misalnya, menyebabkan sensitivitas, reaktivitas dan peradangan. Dan semua ini bisa memicu munculnya jerawat.

Itulah 6 alasan mengapa kulit wajahmu bermasalah, padahal kamu di rumah aja. Semoga bermanfaat dan kamu bisa segera atasi masalah kulit wajah kamu ya…

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *