Connect with us

#BersamaLawanCovid19

DISINFORMASI Foto Pria dengan Wajah Bengkak Akibat Efek Samping Vaksin Moderna

Published

on

Sumber gambar : Laporan Isu Hoaks Covid 19, KOMINFO

Terdapat kesalahan informasi (DISINFORMASI) terkait Covid 19, berita Hoaks yang beredar yaitu Foto Pria dengan Wajah Bengkak Akibat Efek Samping Vaksin Moderna. Kementerian komuikasi dan informatika, mengkonfirmasi bahwa berita tersebuah adalah kesalahan informasi (DISINFORMASI). Berikut adalah klarifikasi mengenai berita “Foto Pria dengan Wajah Bengkak Akibat Efek Samping Vaksin Moderna”.

Penjelasan :

Beredar postingan dengan foto dua orang pria dengan wajah dan mata bengkak atau Monsterisme yang diklaim sebagai akibat dari efek samping vaksin Covid-19 Moderna. Faktanya, pembengkakan wajah dan mata pada dua pria dalam foto tersebut sama sekali tidak terkait dengan vaksin Covid-19 Moderna. Dilansir dari dailymail.co.uk, kisah salah satu pria dalam foto tersebut pernah diangkat dalam sebuah artikel dengan narasi “wajah ayah membengkak hingga tiga kali lipat setelah menderita penyakit misterius yang awalnya disebut masalah sinus”. Pria itu bernama Romulo Pilapil, seorang tukang kayu dari Filipina yang sebelumnya mengalami gejala awal mata gatal dan hidung meler lalu terjadi pembengkakan setelah diberi obat. Artikel tersebut terbit pada Juli 2019, sebelum Covid-19 pertama kali muncul di Wuhan pada Desember 2019 lalu. Adapun foto pria kedua ditemukan dalam sebuah jurnal laporan kasus kesehatan berjudul “Alcohol-related massive eyelid swelling: case report” yang terbit tahun 2007. Jurnal tersebut membahas tentang reaksi hipersensitivitas dermatologis yang mungkin muncul akibat minuman beralkohol. Dalam keterangannya, pria itu mengalami pembengkakan orofacial yang mencolok, dengan pembesaran yang intens dan penutupan total kelopak mata akibat alcohol (Dilansir dari Laporan Isu Hoaks Covid 19, KOMINFO).

Bijaklah dalam menerima informasi terkait Covid 19, jangan mudah percaya dengan berita yang belum jelas kebenarannya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Disiplin dan patuhi selalu protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun untuk pencegahan dan perlindungan diri dari paparan virus covid 19. Tetap selalu menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, menjaga jarak & menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan air mengalir & sabun).

 

 

 

 

Penulis : Dewi PermataSari

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *