Connect with us

#BersamaLawanCovid19

DISINFORMASI Legenda NBA yang Terpapar HIV Donor Darah untuk Pasien Covid 19

Published

on

Sumber gambar : Laporan Isu Hoaks Covid 19, KOMINFO

Terdapat kesalahan informasi (DISINFORMASI) terkait Covid 19, berita Hoaks yang beredar yaitu Legenda NBA yang Terpapar HIV Donor Darah untuk Pasien Covid 19. Kementerian komuikasi dan informatika, mengkonfirmasi bahwa berita tersebuah adalah kesalahan informasi (DISINFORMASI). Berikut adalah klarifikasi mengenai berita “Legenda NBA yang Terpapar HIV Donor Darah untuk Pasien Covid 19”.

Penjelasan :

Beredar di media sosial unggahan foto yang menampilkan wajah legenda NBA, Magic Johnson. Foto ini diklaim bahwa legenda NBA tersebut mendonorkan darahnya untuk pasien Covid-19. Sebagaimana diketahui, Magic Johnson merupakan orang yang terpapar HIV/AIDS. Faktanya, klaim bahwa Magic Johnson, legenda NBA yang terpapar HIV/AIDS sedang mendonorkan darah untuk pasien Covid-19 tidak benar. Adapun foto tersebut diambil pada tahun 2012 lalu, ketika Magic Johnson menjalani perawatan bersama Dr. David Ho (Dilansir dari Laporan Isu Hoaks Covid 19, KOMINFO).

Bijaklah dalam menerima informasi terkait Covid 19, jangan mudah percaya dengan berita yang belum jelas kebenarannya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Disiplin dan patuhi selalu protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun untuk pencegahan dan perlindungan diri dari paparan virus covid 19. Tetap selalu menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, menjaga jarak & menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan air mengalir & sabun).

 

 

 

 

Penulis : Dewi PermataSari

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *