Connect with us

Selebriti

Dunia Sastra Indonesia Berduka, Sastrawan Sekaligus Suami Nani Wijaya, Ajip Rosidi Tutup Usia

Published

on

Sastrawan Ajip Rosidi meninggal dunia pada Rabu (29/7/2020) setelah menjalani perawatan intensif RSUD Tidar, Magelang Jawa Tengah. Ia berpulang pada usia 82 tahun. Kepergian Ajip Rosidi ini menjadi duka bagi dunia sastra Indonesia.

Lahir di Majalengka, Jawa Barat, 31 Januari 1938, Ajip Rosidi dikenal sebagai sastrawan, pengajar, redaktur media massa, sekaligus budayawan. H.B. Jassin menyebut Ajip Rosidi sebagai salah satu dari Angkatan 66.

Ajip Rosidi. (Foto: merdeka.com)

Ajip Rosidi  mulai melahirkan karya saat kelas 6 SD. Kala itu, tulisannya diterbitkan surat kabar Indonesia Raya. Melansir dari situs Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, pada usia 17 tahun, Ajip Rosidi menjadi redaktur majalan Prosa. Lalu, sang sastrawan aktif menulis cerpen, novel, puisi, terjemahan, saduran, dan esai pada dekade 1950 hingga 1960-an. Tak heran jika ia memperkuat Angkatan 66.

Dari Ajip Rosidi juga  lahir novel Perjalanan Pengantin (1958) dan Anak Tanah Air (1985). Sejumlah cerpen karya Ajip Rosidi yang disambut publik di antaranya Tahoen-tahoen Kematian (1951) dan Sebuah Rumah Buat Hari Tua (1957). Ini semua karya sastra hebat yang ditulis oleh Ajip Rosidi, namun  kini sang sastrawan tersebut sudah pergi meninggalkan kita semua menghadap Sang Illahi.

Kabar kepergian Ajip Rosidi diketahui dari unggahan di Facebook Iman Soleh yang menuliskan, “Assalamualaikum wr wb. Telah berpulang ke Rahmatullah Kang Ajip Rosidi,” tulisnya.

Nani Wijaya dan almarhum suami Ajip Rosidi. (Foto: Nova)

Suami kedua Nani Wijaya ini meninggal dunia di usia 82 tahun. Sebelumnya, Ajip sempat menjalani perawatan karena terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kabupaten Magelang dan mengalami cedera di otak.

Seperti diketahui Ajip juga memiliki riwayat sakit jantung dan ia pernah menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Sedangkan hidup bersama dengan Nani Wijaya sejak 16 April 2017 lalu. Ajip resmi mempersunting Nani Wijaya. Pernikahan mereka digelar secara sederhana di Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat. Mereka bersatu di usia yang memang sudah senja. Kala itu  Ajip Rosidi sudah berumur 79 tahun ketika menikahi Nani Wijaya yang berumur 72 tahun dengan mahar 50 gram perhiasan emas.Mereka pun membuktikan kalau usia lanjut bukan penghalang untuk mereka bersatu hingga maut memisahkan.

Sebelum menjadi istri Ajip, Nani sempat menikah dengan Misbach Yusa, namun pada tahun 2012, Misbach meninggal dunia.

Kini, Nani harus merelakan  kehilangan suaminya untuk kedua kalinya. Semoga diberi ketabahan dan almarhum Ajip Rosidi pun ditempatkan di sisi terbaik Sang Pencipta. Selamat jalan salah satu sastrawan terbaik negeri ini.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *