Connect with us

#BersamaLawanCovid19

HOAKS Memakai Masker selama Setahun Bisa Memicu Kanker

Published

on

Sumber gambar : Laporan Isu Hoaks Covid 19, KOMINFO

Terdapat berita bohong (HOAKS) terkait kebijakan penanganan Covid 19, berita Hoaks yang beredar yaitu Memakai Masker selama Setahun Bisa Memicu Kanker . Kementerian komuikasi dan informatika, mengkonfirmasi bahwa berita tersebuah adalah berita bohong (HOAKS). Berikut adalah klarifikasi mengenai berita “Memakai Masker selama Setahun Bisa Memicu Kanker ”.

Penjelasan :

Beredar unggahan di media sosial sebuah tulisan yang menyebutkan bahwa memakai masker monoton selama setahun akan menyebabkan kanker, karena racun karbon dioksida yang dihisap terus menerus. Dilansir dari liputan6.com, hoaks serupa disebarkan di AS sejak Juni 2020. Faktanya, CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS) dan juga Asosiasi Ahli Penyakit Paru-Paru AS menjelaskan bahwa masker tidak mengurangi kadar oksigen penggunanya. Tidak ada bukti ilmiah yang menyebut pemakaian masker bisa memicu kanker. Adapun berdasarkan penelitian penggunaan masker justru dapat menurunkan risiko penularan hingga 70 persen (Dilansir dari Laporan Isu Hoaks Covid 19, KOMINFO).

Bijaklah dalam menerima informasi terkait Covid 19, jangan mudah percaya dengan berita yang belum jelas kebenarannya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Disiplin dan patuhi selalu protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun untuk pencegahan dan perlindungan diri dari paparan virus covid 19. Tetap selalu menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, menjaga jarak & menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan air mengalir & sabun).

 

 

 

 

Penulis : Dewi PermataSari

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *