Connect with us

#BersamaLawanCovid19

HOAKS Permainan Harga Plasma Konvalesen oleh Mafia

Published

on

Sumber gambar : Laporan Isu Hoaks Covid 19, KOMINFO

Terdapat berita bohong (HOAKS) terkait kebijakan penanganan Covid 19, berita Hoaks yang beredar yaitu perpanjangan Permainan Harga Plasma Konvalesen oleh Mafia. Kementerian komuikasi dan informatika, mengkonfirmasi bahwa berita tersebuah adalah berita bohong (HOAKS). Berikut adalah klarifikasi mengenai berita “Permainan Harga Plasma Konvalesen oleh Mafia”.

Penjelasan :

Beredar informasi melalui broadcast WhatsApp yang menyebutkan bahwa harga plasma konvalesen di lapangan mulai banyak dipermainkan oleh mafia. Dalam pesan tersebut dituliskan, harga plasma konvalesen di lapangan berkisar Rp 10 juta hingga Rp 13 juta. Sementara itu, harga yang ditetapkan oleh PMI adalah Rp 2,5 juta ditambah biaya administrasi sebesar Rp 6 juta hingga Rp 8 juta. Disebutkan juga, harga plasma konvalesen tidak sebanding dengan yang diterima pendonor, yaitu hanya sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu. Menanggapi hal itu, Palang Merah Indonesia (PMI) memastikan bahwa informasi yang beredar tersebut adalah tidak benar atau hoaks. PMI menegaskan, pihaknya memang menetapkan harga untuk biaya pengolahan pengganti plasma ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebesar Rp 2,5 juta. Untuk pembelian kantung harganya berkisar Rp 900 ribu – Rp 1,6 juta, tergantung pada mesin aferesis yang dipakai, reagen, dll (Dilansir dari Laporan Isu Hoaks Covid 19, KOMINFO).

Bijaklah dalam menerima informasi terkait Covid 19, jangan mudah percaya dengan berita yang belum jelas kebenarannya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Disiplin dan patuhi selalu protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun untuk pencegahan dan perlindungan diri dari paparan virus covid 19. Tetap selalu menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, menjaga jarak & menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan air mengalir & sabun).

 

 

 

Penulis : Dewi PermataSari

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *