Connect with us

Lifestyle

Jeruk Nipis, Buah Kecil dengan 6 Manfaat untuk Kecantikan Wajah Kamu

Published

on

Jeruk nipis dikenal sebagai buah dengan rasa yang asam dan kecut. Meski bergitu jeruk yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia dan tpunya banyak nama, seperti kelangsa, jeruk pecel, jeruk alit, atau lemau nepi ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya itu juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kecantikan wajah kamu.

Lalu apa saja manfaat jeruk nipis untuk menjaga kecantikan wajah kamu? Berikut 6 manfaat jeruk nipis untuk kecantikan wajah (dari berbagai sumber):

  1. Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan dan Anti Aging

Jeruk nipis mengandung zat-zat seperti flavonoid dan vitamin C. Kedua zat tersebut dapat membantu kita merawat wajah, membuatnya terasa lebih cerah terlihat lebih muda. Karena itu kedua komposisi tersebut banyak terdapat dalam skincare anti aging. Flavonoid merupakan antioksidan yang dapat membantu regenerasi kulit kita dengan cara memperkuat kolagen.

  1. Membantu Mengatasi Jerawat

Jeruk nipis yang sudah matang dibekali oleh antibiotik yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan kuman-kuman jahat pada wajah dan mencegah datangnya jerawat. Selain itu, antibiotik ini juga bekerja dengan baik untuk membunuh kuman-kuman tersebut sehingga wajah kamu pun terbebas dari jerawat.

  1. Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain membunuh kuman penyebab jerawat, manfaatnya lainnya adalah menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam pada wajah. Hal ini disebabkan vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis dipercaya dapat mencerahkan wajah. Antioksidannya kemudian akan meneruskan tugas vitamin C dan mengganti kulit lama menjadi kulit baru.

  1. Menghilangkan Komedo

Seperti flek hitam pada wajah, zat-zat sama yang terkandung dalam jeruk nipis juga dapat membantu kamu menghilangkan komedo di hidung. Komedo terbentuk karena sel kulit mati yang menumpuk pada hidung. Caranya dengan memeras sarinya dan di oleskan pada wajah.

  1. Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Kusam

Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk nipis dapat mengatasi masalah wajah kusam. Kamu bisa mencampur sari jeruk nipis dengan sedikit madu dan mengoleskannya pada wajah secara tipis dan diamkan selama 5 menit saja. Lalu bilas menggunakan air hangat agar lebih bersih.

  1. Meremajakan kulit

Jeruk nipis bisa menjadi salah satu bahan alami andalan untuk merawat kecantikan kulit. Pasalnya, jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Itu sebabnya, manfaat minum air jeruk nipis dapat membantu menghidrasi dan meremajakan kulit Anda.

Itulah 6 manfaat jeruk nipis untuk menjaga kecantikan wajah kamu. Tapi sebaiknya hindari langsung terkena paparan sinar matahari seusai mengoleskan air perasan jeruk nipis langsung pada kulit kamu karena bisa menyebabkan phytophotodermatitis.

Phytophotodermatitis adalah kondisi ketika bahan kimia yang terkandung dalam jenis tanaman tertentu mengakibatkan kulit terbakar atau mengalami peradangan saat terpapar sinar matahari. Akibatnya, area kulit tersebut akan tampak kemerahan, gatal, dan terasa panas.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *