Connect with us

Lifestyle

Kamu Ingin Berhenti Memendam Emosi? Ikuti 3 Upaya ini!

Published

on

Memendam emosi bukanlah jalan keluar untuk masalah  kamu dan membuat kamu lebih baik. Sebaliknya dengan memendam emosi bisa bahaya.  Bahkan memendam emosi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan efek negatif pada kesehatan fisik dan mental kamu. Karena itu kamu perlu mengeluarkan dan mengekspresikannya untuk mengurangi beban pikiran dan mental kamu.

Dan untuk berhenti memendam emosi tersebut dibutuhkan upaya-upaya. Bagaimana caranya? Berikut beberapa cara menangani emosi kamu:

  • Jujur pada diri sendiri.

Bukan berarti kamu harus mengekspresikan semua perasaan kamu setiap waktu, tetapi dalam berbagai situasi kamu dapat mengatakan kepada diri sendiri apa yang sebenarnya dirasakan. Jangan menyembunyikan dan mengelakan perasaan kamu sendiri, tapi harus jujur pada diri sendiri.

Dengan begitu kamu merasa bisa lebih kompromi kepada diri sendiri dan akhirnya bisa meredakan emosi kamu yang sebelumnya meledak-ledak.

  • Ketahui apa yang sedang kamu rasakan.

Terkadang kamu tidak mengetahui apa yang sedang kamu rasakan. Kenali perasaan yang kamu  rasakan pada diri sendiri dan renungkan apa penyebabnya. Bicarakan perasaan kamu dengan orang lain. Jika kamu sedang emosional, bicarakan apa yang kamu rasakan dan pikirkan dengan orang lain. Hal ini dapat membuat kamu jauh  lebih tenang.

Dengan membagi cerita kepada orang lain berarti kamu sudah tidak lagi menyembunyikan pikiran dan perasaan kamu. Itu juga berarti kamu sudah mengurangi masalah untuk diri kamu sendiri. Termasuk masalah kesehatan fisik dan mental yang bisa menyerang kamu akibat terlalu lama memendam emosi.

  • Jadilah seorang pengamat.

Kamu harus mengetahui kapan sebaiknya kamu  dapat mengeluarkan emosi. Tidak di setiap waktu dan di sembarang tempat kamu bisa mengekspresikan emosi kamu. Terkadang kamu harus menahannya sebentar dan mengeluarkannya di waktu yang tepat. Jika kamu  tidak mampu menahannya, tarik napas dalam-dalam dan ubah posisi tubuh kamu. Hal ini dapat membantu menenangkan emosi kamu.

Itulah 3 upaya yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa berhenti memendam emosi kamu. Emosi memang tidak manfaatnya dipendam karena dapat memicu penyakit dalam tubuh. Karena itu berupayalah untuk bisa menjadi orang yang dapat mengekspresikan emosi, menyalurkan pikiran dan perasaannya kepada orang lain supaya kamu terhindar dari serangan berbagai macam penyakit. Seperti tumor, pengerasan arteri, kaku sendi, jantung, kanker, melemahkan sistem kekebalan tubuh dan lainnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *