Connect with us

Lifestyle

Kamu Suka Masak? Ternyata Ini Manfaat Masak Sendiri bagi Kesehatan Fisik dan Mental!

Published

on

Memasak bisa dijadikan suatu hobi. Karena itu bagi kamu yang memang suka masak, memasak itu bisa memberikan keasyikan dan kepuasan tersendiri. Namun siapa sangka ternyata memasak sendiri itu juga bisa memberikan manfaat lainnya, bisa memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Kalau begitu banyak juga ya keuntungan dari memasak sendiri, selain lebih sehat dan terjamin kebersihannya.

Sedangkan bagi mereka yang mengkonsumsi masakan rumah bisa membuat sebuah keluarga lebih terhubung dengan anggota keluarganya, termasuk anak. Selain itu anak-anak juga akan lebih sehat dan bahagia. Dengan masak sendiri juga bisa mengontrol sendiri akan bahan masakan yang akan dimasak, seperti bisa mengurangi gula dan garam, jadi memang jauh lebih sehat ketimbang harus memesan makanan dari restauran atau konsumsi makanan instan.

Berikut beberapa manfaat dari masak makanan sendiri di rumah (dari berbagai sumber) untuk kesehatan fisik dan mental kamu:

  1. Konsumsi lebih sedikit kalori.

Makanan di restoran atau warung makan seringkali mengandung banyak mentega dan garam dan gula, sedangkan makanan instan seperti junk food kemasan biasanya mengandung natrium (garam) dan zat tambahan.

Dampak mengonsumsi makanan seperti junk food adalah dapat membuat kamu merasa lelah, mudah tersinggung dan memperburuk gejala stres, kecemasan dan masalah kesehatan jiwa lainnya. Seperti sebuah studi yang dipublikasikan di Public Health Cambridge University menunjukkan bahwa orang yang kerap makan di luar mengonsumsi rata-rata 200 kalori lebih banyak sehari daripada mereka yang menyiapkan makanan di rumah. Sedangkan hidangan  yang kamu  masak sendiri cenderung mengandung lebih sedikit kalori, lebih bergizi, dan memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh karena kamu sendiri yang kontrol saat memasak.

  1. Jadi lebih perhatian terhadap apa yang dikonsumsi.

Makanan segar dan sehat dapat membuat kamu lebih sehat, bisa meningkatkan energi, menstabilkan suasana hati, meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan ketahanan terhadap stres. Saat menyiapkan makanan sendiri, kamu  akan lebih tahu persis apa yang kamu  masukkan ke dalam tubuh kamu. Jadi membuat kamu jauh lebih perhatian karena tidak ingin makanan yang masuk kedalam tubuh kamu adalah makanan yang tidak sehat dan tidak bagus untuk tubuh kamu.

  1. Bisa menjadi sarana bersosialisasi dengan keluarga atau orang terdekat lainnya.

Memasak di rumah juga merupakan cara untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang terdekat. Tidak perlu menjadi koki yang lihai, memasak makanan yang simpel pun bisa terasa enak bila dikerjakan dengan hati riang. Dan hasil cita rasanya pun biasanya akan disukai oleh semua anggota keluarga. Sedangkan menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang terdekat bermanfaat juga untuk kesehatan jiwa kamu.

Itulah manfaat memasak sendiri dan ternyata banyak ya manfaatnya. Jadi mulai sekarang belajar buat masak sendiri, walau memang untuk masak sendiri itu butuh waktu, usaha dan tidak lupa niat yang kuat.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *