Connect with us

Lifestyle

Kamu Termasuk Orang yang Merasa “Insecure”? Simak Ciri-Cirinya!

Published

on

Insecure alias sikap tidak aman bisa dimiliki setiap orang. Salah satu ciri mendasarnya adalah mudah tersinggung. Sedangkan rasa tidak aman itu karena takut dengan apa yang dipikirkan orang lain tentang kita.

Insecure ini juga berhubungan dengan rasa percaya diri seseorang. Jika rasa percaya dirinya baik maka dirinya akan merasakan aman. Sebaliknya, jika selalu bertanya-tanya tentang apa yang orang lain akan pikirkan dan khawatir dengan penilaian mereka, besar kemungkinan kamu termasuk orang yang insecure.

Lalu bagaimana cara mengatasi Insecure? Berikut 8 cara mengatasi Insecure (dirangkum dari berbagai sumber):

  1. Tulis kata-kata positif di jurnalmu. Lalu membaca kata-kata positif yang ada di jurnalmu keras-keras atau terus ulangi kata-kata itu dalam hatimu. Seperti “I am smart. I am loved.
  2. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang suportif. Saat kamu mulai merasa insecure, komunikasikan kepada teman-teman terdekatmu dan minta mereka untuk mengingatkanmu akan hal positif yang kamu miliki.
  3. Kurangin penggunaan sosial media. Dengan mengurangi penggunaan sosial mediamu, kamu menjadi tidak fokus dengan kehidupan orang lain dan tidak membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain.
  4. Dengarkan lagu-lagu yang membangun. Sekarang ini, banyak sekali lagu-lagu positif yang bisa membuat kita semakin percaya diri.
  5. Lupakan masa lalumu. Berhenti menengok ke belakang. Melihat ke masa lalu tidak akan membantumu menjadi lebih baik jika kamu hanya bisa menyesalinya dan mengasihani diri sendiri.
  6. Lakukan hal-hal yang positif. Temukan hobimu. Saat kamu disibukkan dengan kegiatan yang kamu senang lakukan, kamu tidak ada waktu untuk merasa insecure.
  7. Konsultasi dengan seseorang. Bisa dengan psikolog.
  8. Temukan kelebihan-kelebihanmu. Seringkali, kita terlalu fokus dengan kekurangan kita sehingga kita menjadi insecure. Temukan 1 saja kelebihan kamu dan fokus pada kelebihan itu.
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *