Connect with us

Lifestyle

Masih Amankah Belanja Online Dari Cina?

Published

on

Tidak dipungkiri trend belanja online memang makin digemari oleh masyarakat kita. Selain memang lebih efektif karena tidak membutuhkan waktu lebih lama dibanding belanja ke toko/mall, belanja online juga bisa lebih jauh jangkauannya. Salah satu bisa belanja online dari Cina. Di satu sisi wabah virus Corona dari kota Wuhan, Cina sudah membuat gempar dan menimbulkan kekhawatiran bagi seluruh masyarakat dunia, temasuk Indonesia. Lalu masih amankah belanja online dari Cina?

Kekhawatiran ini wajar tapi masalahnya apakah virus Corona bisa menyebar lewat benda mati? Secara umum, virus dapat bertahan di luar tubuh manusia paling lama 24 jam dalam suhu normal. Virus bisa berkembang jika berada dalam kondisi bersuhu rendah, minim sinar matahari dan lembap. Virus tidak memiliki dinding sel yang bisa membuatnya bisa bertahan lama di benda mati.

Sedangkan menurut BBC Health Michelle Roberts, belum ada kasus ditemukan virus bisa menyebar lewat benda mati, kecuali benda tersebut terkena bersin atau cairan tubuh penderita lalu tidak lama benda tersebut digunakan oleh orang sehat. Jika hal tersebut terjadi, virus bisa dengan mudah berpindah, ditambah jika imunitas tubuh sedang tidak kuat.

Dengan begitu masalah aman atau tidaknya belanja online dari Cina merupakan pilihan. Tergantung dari bagaimana keyakinan kamu dalam mempersepsikannya. Namun sebaiknya kalau barang yang kamu beli tersebut bukan benda wajib yang harus dibeli dan hanya ada di Cina, sebaiknya hindari dulu belanja online dari Cina. Waspada lebih baik sebelum terjangkit. Selain itu tetap jaga kebersihan dan kesehatan!

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *