Connect with us

Lifestyle

Mau Terhindar dari Adiksi Smartphone? Ikuti 4 Tips Ini!

Published

on

Hati-hati jangan sampai kamu adiksi atau kecanduan sama smartphone kamu. Sekalipun di era teknologi ini dan terlebih disaat pandemi corona sekarang ini, smartphone sudah menjadi teman setia kita sehari-hari. Smartphone menjadi alat yang penting dan dibutuhkan dalam mencari informasi, membaca artikel, main video games, menonton film, bahkan untuk melakukan pekerjaan dan tugas sekolah selama di rumah saja. Karena itu kebanyakan orang menghabiskan waktu lebih dari 7 jam selama sehari untuk browsing internet dari smart phone.

Namun dibalik banyaknya fungsi dari smartphone tersebut, penggunaan smartphone ternyata bisa menimbulkan masalah baru, yaitu adiksi atau kecanduan smartphone. Adiksi ini, misalnya tidak bisa berhenti mengecek pesan atau chat dari orang lain. Padahal belum tentu chat yang kita cek tersebut memang ada notifikasinya untuk kita.

Nah sebelum adiksi ini terjadi pada kamu, maka kamu perlu mengetahui bagaimana caranya supaya terhindar dari adiksi smartphone. Berikut 4 tips (dirangkum dari berbagai sumber) supaya bisa terhindar dari adiksi smartphone:

  • Memahami apa yang menyebabkan kamu mengambil dan membuka smartphone.

Saat kamu ingin mengambil smartphone kamu pastikan dulu  apa pemicunya. Apakah kamu ingin meraih handphone karena bosan, kesepian atau sekedar ingin menenangkan kecemasan? Kalau iya, kamu sebaiknya mengganti cara mengisi kebosanan dengan cara yang lebih sehat, seperti menenangkan kecemasan dengan berlatih teknik relaksasi atau lainnya.

  • Membangun cara untuk mengatasi stres atau kecemasan, selain lewat smartphone.

Saat seseorang stress atau marah, berbagai cara dilakukan orang untuk meluapkannya. Ada orang yang mengatasi stres dan kemarahan dengan berbagi kisah di media sosial. Ada pula yang merasa lebih mudah mengatasi masalah dengan orang lain dengan berkomunikasi secara online. Namun sebenarnya  ada cara lain  yang bisa kita lakukan tanpa menggunakan smartphone. Kita bisa berjalan keluar rumah dan menghirup udara segar atau melakukan relaksasi napas.

Bedakan antara interaksi langsung dan online.

Pandemi ini tentu menyadarkan kita tentang pentingnya interaksi dengan orang lain, terutama karena tidak semua hal bisa dilakukan secara digital. Dengan interaksi langsung kita bisa bertatap muka langsung  dengan orang lain, kita bisa kontak mata atau melihat bahasa tubuh lainnya. Sedangkan interaksi melalui digital seringkali membuat miskomunikasi karena perbedaan maksud.

  • Memahami masalah yang melatarbelakangi kebiasaan kecanduan smartphone.

Kecanduan smartphone bisa berhubungan dengan masalah psikologis atau adiksi lainnya. Smartphone dijadikan sebagai pelarian dari masalah. Padahal hal inilah tidaklah benar.

Empat cara tersebut bisa membuat kamu terhindar adiksi smartphone.  Jadi gunakanlah smartphone kamu dengan cerdas dan seperlunya saja, jangan berlebihankalu tidak mau semua waktu kamu tercurah untuk smartphone kamu. Selamat mencoba!

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *