Connect with us

Lifestyle

Mau Tetap Fokus dan Nyaman Berkerja dari Rumah, 4 Langkah Ini Solusinya!

Published

on

Berkerja dari rumah merupakan suatu kegiatan yang harus dibiasakan ditengah pandemi Covid-19 ini. Dan bagi mereka yang tidak terbiasa berkerja dari rumah, namun harus berkerja dari rumah, maka dibutuhkan penyesuaian. Lantaran tidak mudah saat melakukan transisi cara kerja baru di rumah. Terlebih bagi sang bunda, pastinya akan ada gangguan dari anak saat melakukan kerja dari rumah. Kondisi ini bisa membuat bunda merasakan frustasi. Contoh, saat harus diminta meeting zoom, handphone malah dimainkan oleh anak. Dampaknya, jadi kurang fokus dan kesal. Hal ini jika tidak teratasi dengan baik, bukan tidak mungkin pekerjaan akan membuat bunda makin stress.

Sebenarnya hal itu bisa teratasi dengan baik, jika menerapkan beberapa langkah berikut ini:

Manajemen waktu

Terbenturnya waktu anak belajar dengan waktu kamu bekerja bisa menjadi halangan kamu tidak produktif selama bekerja di rumah. Maka dari itu, buatlah manajemen waktu agar persoalan bisa teratasi dengan baik. Setelah kelar urusan anak,  barulah kamu menyiapkan laptop untuk bekerja. Tetap pantau sang anak 30 – 45 menit sekali. Tidak ada salahnya jika sang anak selesai belajar, ajak mereka bermanin bareng atau menonton tontonan yang syarat edukatif.

Buatlah tempat kerja senyaman mungkin

Sebaiknya miliki ruang kerja sendiri akan lebih memudahkan dalam meningkatkan produktivitas selama bekerja di rumah,  menghindari gangguan dari sang bocah dan menjadi lebih fokus. Karena itu diperlukan ruangan yang nyaman agar tidak terbawa suasana rumah. Dengan membuat area kantor sendiri adalah solusi efektif yang paling mudah.

Supaya bisa nyaman, kamu bisa menata ruangan sesuai dengan keinginan kamu. Mulai dari dekorasinya hingga alat yang dibutuhkan untuk berkerja. Selain itu, kamu juga bisa memilih warna ruangan yang membuat suasana jadi lebih nyaman.

Buat anak tetap terhibur

Siapkan beberapa mainan, buku atau kegiatan yang disukai anak. Ini akan membantu menjaga mereka tetap terlibat sambil meningkatkan keterampilan mereka dan memungkinkan ibu fokus dalam pekerjaan kantor.

Seimbang antara pekerjaan dan tugas ibu

Sebagai seorang ibu, ketika bekerja dari rumah, penting untuk menjaga kehidupan pribadi dan profesional satu sama lain. Biarkan stres dan ide-ide tentang pekerjaan tetap berada dalam jam kerja dan sebaliknya. Jangan melebihi jam kerja, dan tahu kapan harus istirahat. Agar tidak terbawa suasana rumah, membuat area kantor sendiri adalah solusi efektif yang paling mudah.

Itulah 4 langkah yang bisa diterapkan supaya bisa tetap nyaman berkerja dari rumah. Selain itu juga supaya  tetap bisa fokus dengan pekerjaan dan anak juga tetap diperhatikan. Pekerjaan kantor selamat dan anak juga merasa senang karena ada sang bunda menemaninya di rumah.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *