Connect with us

Lifestyle

Naik Kendaraan Menuju New Normal, Ini 5 Tips Amannya!

Published

on

Masyarakat Indonesia mulai dipersiapkan menuju New Normal. Karena itu beberapa kendaraan umum pun mulai diaktifkan kembali. Hal ini membuat masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini dan mulai beraktifitas kembali dengan menggunakan kendaraan umum.

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan umum sebagai transportasi dalam berkerja, tetap harus memperhatikan aturan yang sudah diberlakukan Pemerintah. Jangan lengah karena covid 19 masih ada disekitar kita. Untuk itu perhatikan 5 tips aman naik transportasi umum ditengah pandemi covid-19 berikut ini:

  1. Bawa Helm Sendiri Ketika Menggunakan Ojek Online

Ojek online salah satu transportasi yang menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian. Jika ojek online sudah mulai aktif dan kamu harus bepergian maupun bekerja menggunakan ojek online, jangan lupa  membawa helm sendiri.

Meski ojek online sudah membawa helm untuk penumpang dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Namun dengan membawa helm sendiri, hal ini bertujuan untuk tetap memastikan keamanan diri agar terhindar dari paparan virus corona covid-19.

  1. Duduk di Belakang Ketika Menggunakan Taksi

Meskipun terkesan aman saat menggunakan mobil, namun kamu juga harus mematuhi protokol kesehatan dengan tidak duduk di samping sopir dan lebih baik memilih untuk duduk di belakang. Hal ini demi menjaga diri dan mengurangi penyebaran virus corona yang memungkinkan terjadi di dalam mobil. Selain itu, dengan memilih duduk di belakang, berarti juga telah mematuhi Pemerintah untuk tetap physical distancing.

  1. Jangan Berbicara Saat Menggunakan Transportasi Umum

Mengingat virus corona bisa menular melalui percikan air liur, untuk itu jangan berbicara selama perjalanan saat menggunakan transportasi umum. Hal itu berlaku baik berbicara ke sesama pengguna transportasi umum atau berbicara melalui handphone. Larangan tidak boleh berbicara ini sendiri memang akan diberlakukan di moda transportasi seperti KRL dan MRT.

  1. Kurangi Menyentuh Fasilitas Umum

Virus corona dapat menular melalui barang akibat sentuhan berbagai macam orang. Untuk itu, saat menggunakan transportasi umum, sebisa mungkin menghindari menyentuh fasilitas umum. Hal ini dihindari karena fasilitas umum banyak disentuh oleh orang dan berkemungkinan besar menularkan virus corona. Untuk itu, biasakan diri disiplin untuk menghindari hal-hal yang bisa membahayakan diri sendiri.

  1. Gunakan Masker, Tetap Jaga Jarak dan bawa Hand Sanitizer

Saat bepergian keluar rumah maupun saat menggunakan transportasi umum ketika bekerja, hal wajib yang perlu digunakan ialah masker. Hal ini sebagai upaya pencegahan agar hidung dan mulut tidak terkena paparan virus corona. selain masker, protokol yang harus dilakukan saat menggunakan transportasi umum yaitu tetap jaga jarak dan hindari berdesakan saat menggunakan moda transportasi KRL maupun yang lainnya.

Selain itu jangan lupa juga gunakan hand sanitizer atau tisu basah yang mengandung disinfektan saat masuk dan keluar dari transportasi umum. Hal ini untuk melindungi tangan dan tetap bersih.

Jadi perhatikan 5 tips aman diatas ya supaya kamu bisa beraktifitas dengan naik kendaraan umum dengan aman. Ingat, corona masih ada dan belum hilang 100 perseN. Tetap jaga diri dan jaga kesehatan!

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *