Connect with us

Lifestyle

Rasanya Manis Tapi Akibatnya Beresiko, Perhatikan Asupan Gula, Jangan Berlebihan!

Published

on

Gula memang manis karena itu disukai banyak orang. Hampir setiap makanan menggunakan cita rasa manis dari gula. Dari minuman bersoda atau minuman kemasan, jus hingga aneka kue, semuanya menggunakan gula yang tidak sedikit.

Dan jika kamu termasuk dari bagian mereka yang suka manis dan sering mengkonsumsi gula? Jika ya kamu mesti waspada karena konsumsi gula berlebih sangat tidak baik untuk kondisi fisikmu, bahkan  juga bisa kesehatan mental. Itulah sebabnya maka kita harus mengontrol konsumsi gula lewat pola makan sehari-hari. Kalau tidak, maka bisa memicu 4 dampak ini (dirangkum dari berbagai sumber):

  1. Penambahan berat badan

Hal pertama yang terlihat jelas jika kamu berlebihan konsumsi gula adalah penambahan berat badan. Konsumsi gula berlebih itu bisa dari makanan maupun minuman. Dimana konsumsi  gula yang terlalu banyak menyebabkan peningkatan fruktosa dalam tubuh. Jika kadar fruktosa meningkat, kamu akan merasakan sensasi lapar yang luar biasa dan keinginan untuk makan bakal melebihi tingkat glukosa.

  1. Meningkatkan resiko penyakit kronis seperti diabetes, jantung bahkan kanker!

Konsumsi pemanis tambahan yang sangat berlebihan juga bisa meningkatkan resiko penyakit berbahaya dan kronis seperti diabetes,jantung,tekanan darah tinggi, peradangan, trigliserida  bahkan penyumbatan arteri atau dikenal dengan aterosklerosis. Penyakit ini semua bisa meningkatkan resiko kematian. Tentu hal ini sangat menakutkan. Jadi jangan sampai kamu menjadi korban dari butiran gula yang terasa manis itu.

  1. Bisa meningkatkan resiko depresi

Faktanya juga terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis bisa berdampak buruk pada kesehatan mental, jadi tidak hanya pada kesehatan fisik saja. Hal ini disebabkan perubahan kadar gula darah, disregulasi neurotransmiter dan peradangan bisa merusak kesehatan mental. Karena itu akan beresiko kepada kondisi depresi.

  1. Mempercepat penuaan kulit dan jerawat

Makanan tinggi karbohidrat dan gula rafinasi dapat memicu produksi advanced glycation end products (AGEs) yang dapat menyebabkan kulit menua sebelum waktunya. Lebih dari itu AGEs bisa merusak kolagen dan elastin, protein yang menjaga kulit agar awet muda. Selain itu makanan manis juga bisa menjadi  penyebab utama peningkatan sekresi androgen, produksi minyak dan peradangan. Artinya, semuanya itu akan memicu mundulnya jerawat dan penuaan kulit.

Itulah 4 akibat jika konsumsi gula secara berlebihan. Semoga hal ini tidak sampai menimpa kita semua. Karena itu jangan anggap enteng konsumsi gula berlebih. Sebaliknya tetap waspada dengan tetap perhatikan asupan gula pada makanan dan minuman yang kamu konsumsi sehari-hari. Sehat itu mahal!

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *