Connect with us

#BersamaLawanCovid19

[SALAH] Air Keran Dapat Positif Covid-19 Setelah Ditest Menggunakan Device Rapid Test Antigen

Published

on

Sumber foto: covid19.go.id

Berita tentang pandemi COVID-19 memang menjadi berita utama semenjak virus COVID-19 masuk ke Indonesia. Namun, banyak yang membuat konten yang menyesatkan berkaitan dengan virus COVID-19. Salah satu konten tersebut yang beredar adalah tentang video yang berisikan pernyataan bahwa air keran dapat positif COVID-19 setelah diitest menggunakan device rapid test antigen. Menurut Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul S (Universitas Pendidikan Indonesia), konten tersebut menyesatkan

Begini penjelasan yang dilansir oleh covid19.go.id:

Berdasarkan hasil penelusuran informasi tersebut salah. Dilansir dari AFP, klaim yang menunjukkan air keran positif tersebut salah karena penggunaan alat Device Rapid Test Antigen tersebut tidak digunakan dengan benar. Menurut juru bicara Abbott alat tersebut hanya bisa digunakan dengan sampel yang diambil dengan usap yang dimasukkan melalui hidung tidak untuk sampel air atau cairan lainnya.

Kemudian Epidemiolog Universitas Griffith, Dicky Budiman, melalui Kompas.com menjelaskan bahwa SARS-CoV-2 tidak ditularkan melalui air tapi melalui udara sehingga air biasa tidak akan terdeteksi. “Ketika yang dites adalah air keran, PH-nya akan terganggu dan merusak antibodi yang ada di film-nya itu. Akhirnya hasilnya menjadi invalid, bisa jadi positif,” katanya. ,

Ia menegaskan ketika yang diuji bukan merupakan sampel yang semestinya, seperti air maka bisa menyebabkan alat tes tersebut rusak sehingga hasil yang dikeluarkan tidak valid.

Dengan demikian klaim “Air Keran Dapat Positif Covid-19 Setelah Ditest Menggunakan Device Rapid Test Antigen” merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Jika menerima berita harus memastikan kebenarannya terlebih dahulu sebelum mempercayainya. Sebagai cara membantu melawan virus Covid-19 jangan lupa untuk mengikuti program vaksinasi dan terus menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan, 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak). Juga 3T pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment). Mari sama-sama kita lawan virus Covid-19. Salam sehat!

.

.

.

.

.

Penulis: May Evita Sari

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *