Connect with us

#BersamaLawanCovid19

[SALAH] Jateng Membludak, Media TV Hanya Liput Covid-19 di DKI Jakarta

Published

on

Sumber foto: covid19.go.id

Berita tentang pandemi COVID-19 memang menjadi berita utama semenjak virus COVID-19 masuk ke Indonesia. Namun, banyak yang membuat berita bohong atau hoaks berkaitan dengan virus COVID-19. Salah satu berita bohong tentang Jateng mludak, media TV hanya liput COVID-19 di DKI Jakarta.

Begini penjelasan yang dilansir oleh covid19.go.id:

Beredar di Facebook infomasi yang mengklaim bahwa media televisi hanya meliput kasus COVID-19 di daerah DKI Jakarta.

Setelah ditelusuri, ditemukan pada kanal Youtube Metrotvnews terdapat berita tentang covid yang terjadi di Pati Provinsi Jawa Tengah dengan judul “652 Karyawan Pabrik Kacang di Pati Positif Covid-19”. Unggahan tersebut diunggah pada tanggal 18 Juni 2021.

Kemudian pada kanal Youtube yang lain yaitu CNN Indonesia ditemukan berita tentang Covid 19 di daerah Kudus yang berjudul “Covid-19 Varian Delta ‘Mengganas’ di Kudus”. Video tersebut diunggah pada tanggal 14 Juni 2021.

Dengan demikian klaim media TB hanya menayangkan liputan Covid 19 di DKI Jakarta merupakan salah. Ditinjau melalui kanal Youtu Metrotvnews dan CNN Indonesia terdapat berita tentang Covid 19 di luar DKI Jakarta sehingga masuk dalam kategori konten salah.

Jika menerima berita harus memastikan kebenarannya terlebih dahulu sebelum mempercayainya. Sebagai cara membantu melawan virus COVID-19 jangan lupa untuk mengikuti program vaksinasi dan terus menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan, 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak). Juga 3T pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment). Mari sama-sama kita lawan virus COVID-19. Salam sehat!

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: May Evita Sari

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *