Connect with us

#BersamaLawanCovid19

SALAH Kota Tarakan Kalimantan Utara Bebas Covid 19

Published

on

Sumber gambar : covid19.go.id

Terdapat berita bohong (HOAKS) terkait kebijakan penanganan Covid 19, berita Hoaks yang beredar yaitu Kota Tarakan Kalimantan Utara Bebas Covid 19. Kota Tarakan Kalimantan Utara Bebas Covid 19. Berikut adalah klarifikasi mengenai berita “Kota Tarakan Kalimantan Utara Bebas Covid 19”.

PENJELASAN :
Telah beredar sebuah unggahan di Facebook oleh akun DrLois yang mengatakan bahwa Kota Tarakan, Kalimantan Utara bebas dari Covid-19. Dalam narasi tersebut mencantumkan sebuah foto tangkapan layar yang mengatakan bahwa sudah tidak ada kasus Covid-19 di Kota Tarakan. Narasi dalam unggahan tersebut mengatakan bahwa bebasnya Kota Tarakan dari kasus Covid-19 karena para dokter di Kota Tarakan yang melakukan uji coba sendiri dan membuktikan bahwa alat uji swab antigen PCR tidak dapat mendiagnosa secara akurat. Narasi dalam unggahan tersebut juga mengatakan bahwa dokter di Kota Tarakan tidak memberikan obat kepada orang yang sudah bergejala Covid-19, yang membuat Kota Tarakan bebas dari Covid-19. Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir dari situs resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, per 12 April 2012 persentase kasus Covid-19 di Provinsi Kalimantan Utara mencapai angka 0.7% dengan besaran kasus sebanyak 11.398. Dari besaran kasus tersebut, Kota Tarakan merupakan kota dengan kasus positif Covid-19 tertinggi di Provinsi Kalimantan Utara. Melansir dari situs resmi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Utara, per 14 April 2021 kasus positif Covid-19 di Kota Tarakan mencapai 5.980 kasus. Sehingga tidak dapat dikatakan bahwa Kota Tarakan bebas dari Covid-19. Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa unggahan Facebook oleh akun DrLois tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan (Dilansir dari covid19.go.id).

Bersama kita bisa bantu percepatan penanganan Covid 19 di Indonesia dengan patuhi protokol kesehatan dan ikuti program vaksinasi Covid 19 supaya Indonesia kembali bangkit dan pulih dari pandemi Covid 19, bersama kita lawan Covid 19. Tetap selalu menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, menjaga jarak & menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan air mengalir & sabun). Bijaklah dalam menerima informasi terkait Covid 19, jangan mudah percaya dengan berita yang belum jelas kebenarannya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Disiplin dan patuhi selalu protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun untuk pencegahan dan perlindungan diri dari paparan virus covid 19. Tetap selalu menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, menjaga jarak & menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan air mengalir & sabun).

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Dewi PermataSari

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *