Connect with us

#BersamaLawanCovid19

SALAH Video “Seseorang yang wafat karena terinfeksi virus Covid-19 mempercayakan teman baiknya untuk membuang uangnya di Times Square di New York”

Published

on

Sumber gambar : covid19.go.id

Terdapat berita bohong (HOAKS) terkait kebijakan penanganan Covid 19, berita Hoaks yang beredar yaitu Video “Seseorang yang wafat karena terinfeksi virus Covid-19 mempercayakan teman baiknya untuk membuang uangnya di Times Square di New York”. Berikut adalah klarifikasi mengenai berita “Video “Seseorang yang wafat karena terinfeksi virus Covid-19 mempercayakan teman baiknya untuk membuang uangnya di Times Square di New York””.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video beserta klaim seseorang yang wafat karena terinfeksi virus Covid-19 mempercayakan teman baiknya untuk membuang uangnya di Times Square di New York adalah konten yang salah. Faktanya, bukan meninggal karena Covid-19. Pria di video itu menyatakan bahwa dia memberikan penghormatan terhadap temannya yang diduga tewas akibat ditembak. Video aslinya, diunggah di YouTube oleh akun toko perhiasan TraxNYC yang berbasis di Kota New York pada tanggal 21 Maret 2021 dengan judul “Free CASH MONEY For The People in TIME SQUARE ! In Memory of my friend : RIP Joe KUSH” atau yang jika diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, judul video itu berbunyi: “UANG TUNAI GRATIS Untuk Orang-orang di TIME SQUARE! Untuk Mengenang teman saya: RIP Joe KUSH.” Sebagian deskripsi video tersebut berbunyi: “Kehilangan teman baik, pelanggan hebat satu tahun lalu. RIP @thegod_joekush. Yang saya tahu dia ditembak mati di suatu tempat di Detroit, mungkin karena cemburu.” Selain itu, akun Facebook toko perhiasan Trax NYC membagikan video yang sama di sini dengan keterangan serupa pada tanggal 16 Maret 2021. Keterangan video tersebut tidak menyebutkan perihal Covid-19. Pria di video tersebut terdengar berkata: “Setahun yang lalu hari ini seorang teman saya meninggal. Dia adalah pria yang luar biasa pintar. Namanya Joe Kush. Dia terbunuh. Dan ada beberapa lagu yang dia buat yang tidak pernah dia selesaikan … dia adalah seorang pria yang menghasilkan banyak uang, dan terbunuh sia-sia. Dan aku ingin mengenang dia.” “Joe Kush” merujuk pada rapper Amerika yang juga dikenal dengan nama Joseph Rivers. Ia sempat aktif di media sosial tetapi berhenti mengunggah postingan di semua akunnya sejak tanggal 13 Maret 2020. Sampai dengan saat ini, tidak ada pernyataan resmi dari tim manajemennya atau laporan media yang kredibel mengenai kematian Joe Kush (Dilansir dari covid19.go.id).

Bijaklah dalam menerima informasi terkait Covid 19, jangan mudah percaya dengan berita yang belum jelas kebenarannya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Disiplin dan patuhi selalu protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun untuk pencegahan dan perlindungan diri dari paparan virus covid 19. Tetap selalu menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, menjaga jarak & menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan air mengalir & sabun).

 

 

 

 

Penulis : Dewi PermataSari

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *