Connect with us

Lifestyle

Selektif Memilih Teman di Saat Usia Matang dengan Melihat 6 Karakter ini!

Published

on

Pertemanan di masa remaja dan usia matang memanglah berbeda. Jika diusia remaja kita bias berteman dengan banyak teman dari kalangan dan usia beda. Namun memasuki usia matang, teman yang sebelumnya banyak itu akan makin berkurang. Pasalnya, tingkat selektifitas seseorang makin meningkat seiring bertambahnya umur. Banyak hal yang dipertimbangkan, mana teman yang harus dipertahankan dan mana yang tidak.

Makin matang usia, teman yang baik saja bukanlah jadi patokan untuk menjadikannya teman. Tapi ada pertimbangan lainnya, diantaranya yang harus memenuhi 6 karakter berikut ini:

ILUSTRASI |Selektif Memilih Teman di Saat Usia Matang. (Foto: Freepik.com)

  1. Tidak Mudah Cemburu terhadap Kemampuan Sang Teman

Dalam berteman, pasti ada sosok teman yang dianggap lebih berhasil dari teman yang lainya. Dan hal ini harus diterima dengan lapang dada, bukannya malah cemburu. Kecemburuan itu akan mengentengkan sang teman. Padahal kenyataannya, setiap orang ditakdirkan miliki nasib yang beda dan juga kemampuan yang beda. Jadi hargailah kesuksesan dan kemampuan teman, bukan malah meremehkannya.

  1. Teman yang Tidak Mengesampingkan Etika Pertemanan

Layaknya seorang teman, didalam hubungannya harus mengedepankan rasa menghargai dan menghormati. Karena perbedaan akan selalu ada dalam hal apapun. Karena itu jangan seenaknya mengambil keputusan. Alangkah baiknya  bertanya dulu kepada sang teman, jangan ambil keputusan sendiri terhadap suatu hal. Terlebih kamu tidak mengetahui secara pasti masalah dan kepentingannya.

Untuk mengatasi hal ini, dibutuhkan sosok teman yang tidak semena-mena, tahu etika dan tidak seenaknya men-judge orang lain cuma karena masalah kecil. Tapi, lebih menghargai sejumlah perbedaan masalah  karena inilah yang membuat pertemanan kamu makin kuat.

  1. Teman yang Tetap Membelamu

Disaat kita senang dan sukses, akan banyak orang yang datang kepadamu dan ingin menjadi temanmu. Berbeda saat  sedang susah, mereka yang sudah dekat pun  akan meninggalkanmu. Lebih dari itu ada juga yang menyudutkanmu supaya kamu makin terpuruk. Namun semua ini tidak akan dilakukan seseorang yang mengaku temanmu. Ia  malah berusaha membela dirimu karena dia tahu kesusahan yang kamu alami.

  1. Tetap Bertanya Kabar meski Sibuk dan Punya Kehidupan Sendiri

Cepat atau lambat, seseorang yang kamu anggap teman atau sahabat akan mempunyai kehidupannya sendiri bersama dengan keluarganya. Dan saat ini bisa membuat pertemananmu berubah perlahan. Meski begitu dia tidak begitu saja meninggalkanmu. Sang teman tetap menjaga tali silaturahminya dan  membantumu disaat kamu membutuhkannya.

  1. Tidak Gampang Nyinyir

Sikap gampang nyinyir ini tidak akan membuat kamu bahagia. Namun sebaliknya, teman seperti ini akan menjatuhkanmu. Dia juga bisa bersikap baik di depan kamu, tapi menusuk di belakang kamu. Karena itu pilihlah teman yang tidak gampang nyinyir, dan hati-hati!

  1. Teman yang Tidak Terlalu Ikut Campur Urusan

Teman yang tidak mau terlalu  ikut campur  urusan kamu  juga patut dicari kala usia makin matang. Bukannya tidak peduli, tapi dia bisa dengan tetap memberi saran saat kamu membutuhkannya. Dan untuk keputusan yang diambil, dia tetap memberikan kebebasan menurut versi kamu sendiri.

Apakah 6 karater tersebut sudah ada pada teman kamu saat ini? Kalau sudah ada, jangan sia-siakan dan pertahankan mereka. Sebab menemukan teman seperti mereka tidaklah mudah. Jadi bersyukurlah karena kamu akan happy bersama teman-temanmu itu.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *