Connect with us

News

Tekhnokrat Terbaik Indonesia Tutup Usia 

Published

on

Inalillahi waina lillahi rojiun 

Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie tutup usia pada hari Rabu (11/9/19) pukul 18.05 WIB, di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Guru bangsa yang bernama lengkap Prof. Dr (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie, adalah putra keempat dari delapan bersaudara.

Semasa mudanya, BJ Habibie merupakan typical pria yang sangat pintar sekaligus gemar membaca. 

Ia merupakan alumni salah satu lembaga pendidikan terbaik di Indonesia yakni, Institut Teknologi Bandung (ITB) atau yang pada saat itu dikenal dengan sebutan Universitas Indonesia Bandung.

Berkat kecerdasannya, BJ Habibie kala itu berhasil mendapatkan beasiswa pendidikan ke Jerman, jurusan Teknik Penerbangan di Rhein Westfalen Aachen Technise Hochschule (RWTH).

Ayah BJ Habibie bernama Alwi Abdul Jalil Habibie. Beliau adalah seorang ahli pertanian yang berasal dari etnis Gorontalo berdarah Bugis. Sedangkan ibunya, Puspowardjojo adalah spesialis mata asal Yogyakarta.

Seusai lulus kuliah dari luar negeri, BJ Habibie menikah dengan wanita cantik yang menjadi pujaan hatinya, yaitu Hasri Ainun Besari atau yang akrab disapa dengan panggilan ibu Hasri Ainun Habibie, keduanya menikah pada tanggal 12 Mei 1962. 

Kisah cinta Habibie dan Ainun, sempat dibukukan dan sukses menjadi best seller di pasaran.

Pasca pengunduran diri Presiden ke 2 RI, H.M Soeharto, BJ Habibie akhirnya didapuk menjadi Presiden RI ke-3. Beliau menjabat pada tanggal 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999.

Kini, sosok BJ Habibie sang Teknokrat Terbaik se Asia, kebanggaan Indonesia tinggal kenangan. 

Alm. BJ Habibie meninggalkan dua orang putra, mereka adalah Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Jenazah Presiden ke 3 RI ini rencananya akan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta, pada Kamis (12/9) ba’da dhuhur. 

Demikian kabar yang disampaikan oleh perwakilan keluarga,  Arief Rachman Hakim, yang tidak lain merupakan seorang  tokoh pendidikan di Indonesia.

Selamat jalan BJ Habibie …

Namamu selalu terkenang sepanjang masa.

Trending