Connect with us

Lifestyle

Tidak Hanya Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh, Berikut 5 Fakta Penting dari Vitamin C!

Published

on

Dimasa pandemi Covid-19 ini, vitamin C makin dibutuhkan oleh tubuh kita. Pemerintah menyarankan  masyarakat untuk memenuhi kebutuhan vitamin C agar dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan vitamin C merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga sangat bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit dan juga mampu menangkal virus.

Selain itu vitamin C juga miliki segudang manfaat lainnya. Bahkan ada beberapa fakta menarik dari vitamin C yang belum diketahui banyak orang. Berikut 5 fakta penting yang harus kamu ketahui dari vitamin C (dari berbagai sumber):

  • Antioksidan Saat Terjadi Peradangan Kronik

Peradangan kronis dapat menyebabkan banyak penyakit, termasuk gangguan lambung (gastritis), gangguan pencernaan, diabetes tipe-2, obesitas, peradangan paru, penyakit saraf menahun, penyakit jantung dan pembuluh darah. Dan ternyata Vitamin C bisa menjadi antioksidan saat adanya peradangan kronis dan stres oksidatif akibat kondisi kronis. Karena efek sebagai antioksidan ini berhubungan erat dengan sistem imun tubuh yang diatur oleh sel darah putih yang membutuhkan vitamin C untuk proses perbanyakannya.

Diketahui dalam tubuh memang tersedia antioksidan endogen, namun dalam kondisi tertentu jumlahnya tidak cukup sehingga memerlukan vitamin C dan mineral lain sebagai antioksidan eksogen.

  • Obati Pendarahan Pada Gusi

Vitamin C juga bisa bermanfaat  untuk mencegah dan mengobati pendarahan gusi dan perdarahan bawah kulit yang bila dibiarkan bisa mengakibatkan gangguan penyembuhan luka, anemia dan gangguan pertumbuhan tulang. Masalah kesehatan ini terjadi pada orang-orang yang jarang mengonsumsi buah dan sayur segar. Sedangkan vitamin C dikenal sebagai asam askorbat ini termasuk salah satu zat gizi yang terkandung dalam buah dan sayur. Karena itu jangan sampai kamu kurang konsumsi buah dan sayur berasupan vitamin C.

  • Konsumsi Vitamin C Sesuai Kebutuhan Vitamin C per Hari

Vitamin C bisa dikonsumsi sebesar 200 mg atau lebih setiap harinya, untuk mempertahankan kadar normalnya dalam darah. Namun, bila kita aktif berolahraga dan kegiatan fisik lainnya, maka perlu menambah suplementasi vitamin C 500-1,000 mg/hari supaya tidak mengalami gangguan pernapasan setelah berolahraga.

Sedangkan bagi mereka perokok dan sering mengonsumsi makanan yang tidak segar dan minuman keras, suplementasi vitamin C sangat diperlukan. Supaya dapat terhindar dari penyakit jantung, dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C dengan kadar 320-1,100 mg/hari.

  • Cara Penuhi Asupan Vitamin C

Untuk konsumsi asupan vitamin C, kita wajib mengkonsumsi buah dan sayur segar sebanyak tiga porsi per/hari. Kebutuhan akan vitamin C itu bisa diperoleh dari buah dan sayur. Diantaranya adalah  buah jambu biji mengandung 125 mg vitamin C di setiap buahnya, jeruk (70 mg/buah), pepaya (90 mg/150 mg buah), stroberi (90 mg/150 g buah), brokoli (80 mg), kembang kol (50 mg) dan  bayam (8,5 mg/30 g).

  • Efek Kekurangan Vitamin C

Cukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh kamu, jangan sampai kekurangan karena kalau seseorang kekurangan vitamin C, maka akan terjadi hipovitaminosis C dalam darah atau status kekurangan vitamin C. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai gejala klinis terkait dengan fungsi vitamin C sebagai anti-skorbut, anti-mikroba, anti peradangan atau antioksidan terkait penyakit kronis, penuaan dan imunitas tubuh.

Sementara itu ditengah pandemi saat ini, dimana sudah mulai banyak orang yang berkerja dan beraktifitas di luar rumah. Dengan begitu tubuh sangat memerlukan imunitas tubuh yang kuat sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.  Dan hal tersebut bisa diperoleh  dari vitamin C.

Begitu pentingnya vitamin C bagi tubuh kita. Jadi tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk tidak konsumsi vitamin C, terlebih ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Dimana sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Dari sekarang cukupi kebutuhan vitamin C tubuh kamu supaya tubuh tetap sehat dan kamu bisa  terhindar dari virus atau penyakit.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *